Halinisa, Roatul Fitria (2022) Pengaruh Metode Sosiodrama Terhadap Keterampilan Berbicara Siswa Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Margamekar Tahun Pelajaran 2020-2021). Diploma thesis, UBP Karawang.
![01. File Judul_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf [thumbnail of 01. File Judul_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. File Judul_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf
Download (848kB)
![02. File Abstrak_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf [thumbnail of 02. File Abstrak_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. File Abstrak_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf
Download (431kB)
![03. Daftar Isi_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf [thumbnail of 03. Daftar Isi_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. Daftar Isi_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf
Download (405kB)
![04. Bab I_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf [thumbnail of 04. Bab I_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. Bab I_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf
Download (427kB)
![05. Bab II_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf [thumbnail of 05. Bab II_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. Bab II_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (480kB)
![06. Bab III_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf [thumbnail of 06. Bab III_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. Bab III_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf
Download (476kB)
![07. Bab IV_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf [thumbnail of 07. Bab IV_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. Bab IV_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (542kB)
![08. Bab V_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf [thumbnail of 08. Bab V_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. Bab V_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf
Download (396kB)
![09. Daftar Pustaka_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf [thumbnail of 09. Daftar Pustaka_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. Daftar Pustaka_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf
Download (408kB)
![10. lAMPIRAN_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf [thumbnail of 10. lAMPIRAN_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. lAMPIRAN_220082_16416286206106_Roatul Fitria Halinisa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (642kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan mengetahui pengaruh metode sosiodrama terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Margamekar. Penelitian ini merupakan jenis kuantitatif dengan mengambil sampel kelas V berjumlah 27 siswa. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan test. Teknik analisis untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik deskriptif. Hasil dari uji validitas butir test diperoleh 7 butir test yang dinyatakan valid dari 7 butir test. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh nilai r11 sebesar 0,83290713 dengan kriteria tinggi. nilai pretest maksimal 65 dan nilai minimal 30 dengan mean 40,70, modus 40, median 38, dan standar deviasi 10,608. nilai posttest maksimal 85 dan nilai minimal yaitu 40 dengan mean 54,93, modus 40, median 52, dan standar deviasi 13,393. Hasil uji normalitas keterampilan berbicara menunjukkan nilai signifikansi adalah 0,200 lebih besar dari 0,05 sehingga data dari populasi yang berdistribusi normal. Uji homogenitas nilai keterampilan berbicara menunjukkan nilai F-hitung 0,627 lebih besar dari nilai F-tabel yaitu 0,518 maka tidak homogen atau ditolak. Dibuktikan dari perhitungan hasil analisis uji hipotesis dengan uji Wilcoxon menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretest dan nilai posttest. Pada tabel 4.8 diketahui Asymp.sig. (2-tailed) bernilai 0,000. Karena nilai 0,000 lebih kecil dari 0,05, bahwa “hipotesis diterima”. Artinya ada perbedaan antara hasil keterampilan berbicara untuk pretest dan posttest, sehingga dapat disimpulkan pula bahwa “adanya pengaruh penggunaaan metode pembelajaran sosiodrama terhadap keterampilan berbicara siswa kelas V SDN Margamekar”. Kata kunci: Sosiodrama, Keterampilan Berbicara
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 04:50 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 04:50 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2645 |