Irsani, Syahda Fitri (2022) Pengaruh Kepuasan Pasien Rawat Jalan Terhadap Kualitas Pelayanan Puskesmas Dengan Integrasi Metode IPA dan Kano (Studi Kasus di Puskesmas Tirtajaya Karawang). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. Judul_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf [thumbnail of 1. Judul_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. Judul_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf
Download (936kB)
![2. Abstrak_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf [thumbnail of 2. Abstrak_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Abstrak_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf
Download (431kB)
![3. Daftar Isi_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf
Download (467kB)
![4. BAB_I_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf
Download (477kB)
![5. BAB_II_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (630kB)
![6. BAB_III_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf
Download (616kB)
![7. BAB_IV_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (692kB)
![8. BAB_V_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf
Download (424kB)
![9. Daftar Pustaka_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf
Download (429kB)
![10. Lampiran_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_220056_18416226201093_Syahda Fitri Irsani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Kepuasan pasien salah satu indikator penting pada pelayanan kesehatan yang merupakan bagian dari penilaian pasien terhadap kualitas pelayanan kesehatan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui atribut apa saja yang perlu ditingkatkan dan diperbaiki dengan integrasi metode importance performance analysis (IPA) dan metode kano di Puskesmas Tirtajaya. Untuk mengetahui pengaruh yang signifikan kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Tirtajaya. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif korelasi dengan populasi periode Maret-Mei 2022, adapun sampel yang diambil menggunakan metode Slovin sebanyak 92 responden dengan menggunakan purposive sampling. Teknik pengumpulan data dengan menggunakan kuisioner. Analisis data terdiri uji validitas, reliabilitas, uji asumsi klasik, uji hipotesis dan integrasi metode Importance Performance Analysis (IPA) dan metode kano. Hasil pengolahan data penelitian menunjukan bahwa terdapat 14 atribut yang perlu dipertahankan dan 16 atribut yang perlu ditingkatkan. Hasil uji t disimpulkan bahwa variabel kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap kualitas pelayanan di Puskesmas Tirtajaya, dimana hasil uji t_hitung yang diperoleh sebesar 9,245 sedangkan nilai t_tabel sebesar 1,99 yang menunjukan bahwa t_hitung > t_tabel sehingga dapat dikatakan memiliki pengaruh yang signifikan. Koefisien deteminasi R^2 sebesar 0,698 menunjukan 69,8% variabel yang dipengaruhi oleh kepuasan pasien terhadap kualitas pelayanan, sedangkan sisanya 30,2% variabel lain yang tidak diteliti oleh peneliti.
Kata Kunci : integrasi importance performance analysis, kano, kepuasan pasien, kualitas pelayanan.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:40 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:40 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2642 |