Fajriyah, Hanan (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Operasi Hitung Campuran di Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDIT Lampu Iman Karawang Tahun Ajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. FILE JUDUL_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf [thumbnail of 1. FILE JUDUL_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. FILE JUDUL_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf
Download (516kB)
![2. FILE ABSTRAK_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf [thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. FILE ABSTRAK_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf
Download (435kB)
![3. DAFTAR ISI_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf
Download (409kB)
![4. BAB_I_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf
Download (465kB)
![5. BAB_II_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (501kB)
![6. BAB_III_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf
Download (495kB)
![7. BAB_IV_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![8. BAB_V_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf
Download (408kB)
![9. Daftar Pustaka_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf [thumbnail of 9. Daftar Pustaka_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. Daftar Pustaka_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf
Download (426kB)
![10. Lampiran_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah operasi hitung campuran di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah 27 siswa kelas IV SDIT Lampu Iman. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis dalam materi operasi hitung campuran. Berdasarkan hasil penelitian terdapat empat kategori kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Kemampuan berpikir kritis tinggi sebesar 44% siswa mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi dan regulasi diri. Serta siswa mampu menyelesaikan soal dari nomer 1-5 tetapi di beberapa nomer siswa melakukan kesalahan dalam perhitungan. Pada kemampuan berpikir kritis sedang sebesar 18% siswa mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, eksplanasi dan kurang mampu dalam tahap analisis, evaluasi, dan inferensi. Dan hanya 1 siswa saja yang melalui tahap regulasi diri. Pada kemampuan berpikir kritis rendah sebesar 15% siswa mampu menyelesaikan soal sampai nomer 4 saja dan siswa hanya memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis yaitu interpretasi dan eksplanasi. Dan pada kemampuan berpikir kritis sangat rendah sebesar 24% siswa hanya mampu menyelesaikan soal sampai nomer 3 saja dan siswa kurang mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis yaitu indikator interpretasi, evaluasi dan inferensi serta tidak mampu pada tahap analisis dan regulasi diri dalam berpikir kritis. Kata kunci: Berpikir kritis, Operasi hitung campuran
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:32 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:32 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2630 |