Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Operasi Hitung Campuran di Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDIT Lampu Iman Karawang Tahun Ajaran 2021/2022)

Fajriyah, Hanan (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Dalam Pemecahan Masalah Operasi Hitung Campuran di Kelas IV Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDIT Lampu Iman Karawang Tahun Ajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf] Text
1. FILE JUDUL_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf

Download (516kB)
[thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf] Text
2. FILE ABSTRAK_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf

Download (435kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf] Text
4. BAB_I_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf] Text
5. BAB_II_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf] Text
6. BAB_III_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf] Text
7. BAB_IV_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 8. BAB_V_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf] Text
8. BAB_V_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf

Download (426kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf] Text
10. Lampiran_220075_18416286206027_Hanan Fajriyah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan berpikir kritis siswa dalam pemecahan masalah operasi hitung campuran di kelas IV sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah 27 siswa kelas IV SDIT Lampu Iman. Teknik pengumpulan data melalui observasi, tes, dan wawancara. Teknik analisis data untuk mengetahui bagaimana kemampuan berpikir kritis dalam materi operasi hitung campuran. Berdasarkan hasil penelitian terdapat empat kategori kemampuan berpikir kritis tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah. Kemampuan berpikir kritis tinggi sebesar 44% siswa mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, analisis, evaluasi, inferensi, eksplanasi dan regulasi diri. Serta siswa mampu menyelesaikan soal dari nomer 1-5 tetapi di beberapa nomer siswa melakukan kesalahan dalam perhitungan. Pada kemampuan berpikir kritis sedang sebesar 18% siswa mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis yaitu interpretasi, eksplanasi dan kurang mampu dalam tahap analisis, evaluasi, dan inferensi. Dan hanya 1 siswa saja yang melalui tahap regulasi diri. Pada kemampuan berpikir kritis rendah sebesar 15% siswa mampu menyelesaikan soal sampai nomer 4 saja dan siswa hanya memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis yaitu interpretasi dan eksplanasi. Dan pada kemampuan berpikir kritis sangat rendah sebesar 24% siswa hanya mampu menyelesaikan soal sampai nomer 3 saja dan siswa kurang mampu memenuhi keseluruhan indikator berpikir kritis yaitu indikator interpretasi, evaluasi dan inferensi serta tidak mampu pada tahap analisis dan regulasi diri dalam berpikir kritis. Kata kunci: Berpikir kritis, Operasi hitung campuran

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 15 Jan 2025 03:32
Last Modified: 15 Jan 2025 03:32
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2630

Actions (login required)

View Item
View Item