Amalia, Dian (2022) Peningkatan Kemampuan Berbicara Dengan Menerapkan Metode Role Playing Pada Siswa Kelas IV (Penelitian Tindakan Kelas SDN Kondangjaya 1). Diploma thesis, UBP Karawang.
![01. FILE JUDUL_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf [thumbnail of 01. FILE JUDUL_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
01. FILE JUDUL_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf
Download (442kB)
![02. ABSTRAK_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf [thumbnail of 02. ABSTRAK_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
02. ABSTRAK_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf
Download (411kB)
![03. DAFTAR ISI_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf [thumbnail of 03. DAFTAR ISI_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
03. DAFTAR ISI_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf
Download (401kB)
![04. BAB I_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf [thumbnail of 04. BAB I_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
04. BAB I_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf
Download (434kB)
![05. BAB II_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf [thumbnail of 05. BAB II_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
05. BAB II_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (447kB)
![06. BAB III_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf [thumbnail of 06. BAB III_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
06. BAB III_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf
Download (578kB)
![07. BAB IV_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf [thumbnail of 07. BAB IV_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
07. BAB IV_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (664kB)
![08. BAB V_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf [thumbnail of 08. BAB V_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
08. BAB V_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf
Download (402kB)
![09. DAFTAR PUSTAKA_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf [thumbnail of 09. DAFTAR PUSTAKA_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
09. DAFTAR PUSTAKA_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf
Download (414kB)
![10. LAMPIRAN_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220053_18416286206163_Dian Amalia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (724kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil kemampuan berbicara siswa sebelum dan sesudah menerapkan metode Role Playing, serta penerapan metode Role Playing pada siswa kelas IV SDN Kondangjaya I. Penelitian ini tergolong ke dalam Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Penelitian ini akan menciptakan kolaborasi peneliti dan guru kelas IV SDN Kondangjaya I. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi dan test. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan analisis data observasi dan analisis data hasil tes. Hasil penelitian menunjukan, hasil kemampuan berbicara siswa sebelum menerapkan metode Role Playing menunjukan bahwa aspek atau indikator kebahasaan berada pada posisi rendah dengan nilai 126 rata-rata 31,5%, sedangkan dalam aspek atau indikator non kebahasaan dengan nilai 191 rata-rata 31,83%. Penerapan metode Role Playing dalam meningkatkan kemampuan berbicara siswa kelas IV di SDN Kondangjaya 1 mengalami peningkatan secara signifkan berdasarkan hasil belajar siswa selama menggunakan metode Role Playing. Oleh karena itu, penerapan metode Role Playing merupakan metode yang tepat dalam kemampuan berbicara siswa khususnya jenjang SD. Hasil kemampuan berbicara siswa setelah menerapkan metode Role Playing dengan 2 siklus yaitu hasil siklus I dengan 2 kali pertemuan angka dalam aspek atau indikator kebahasaan tersebut berubah naik menjadi 146 dengan rata-rata 36,5%, sedangkan dalam aspek atau indikator non kebahasaan dengan nilai 207 rata-rata 34,5%. Adapun pada siklus II dengan 2 kali pertemuan ternyata kemampuan berbicara siswa kelas IV di SDN Kondangjaya 1 ini ternyata naik lagi dengan aspek atau indikator kebahasaan menjadi 186, rata-rata 46,5% sedangkan aspek atau indikator non kebahasaan menjadi 288 dengan rata-rata 48. Kata Kunci: Metode Role Playing, Kemampuan Berbicara, Kebahasaan Siswa
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 15 Jan 2025 03:07 |
Last Modified: | 15 Jan 2025 03:07 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2592 |