Wulandari, Suci (2022) PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK TERHADAP MINAT BELAJAR IPA DI SEKOLAH DASAR ( Studi Kuantitatif Eksperimen pada Siswa Kelas IV SDN Warung Bambu II Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. file judul_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf [thumbnail of 1. file judul_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. file judul_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf
Download (516kB)
![2. FILE ABSTRAK_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf [thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. FILE ABSTRAK_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf
Download (436kB)
![3. DAFTAR ISI_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf
Download (401kB)
![4. BAB_I_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf
Download (440kB)
![5. BAB_II_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (523kB)
![6. BAB_III_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf
Download (486kB)
![7. BAB_IV_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (506kB)
![8. BAB_V_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf
Download (417kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf
Download (416kB)
![10. LAMPIRAN_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220018_18416286206144_Suci Wulandari.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model pembelajaran berbasis proyek terhadap minat belajar IPA di sekolah dasar. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih rendahnya minat belajar IPA. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Desain penelitian ini menggunakan Pre eksperimental design yang digunakan adalah One Group Pretest - Posttest Desain. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Warung Bambu II yang berjumlah 150 orang. Dengan mengambil sampel 18% dari anggota populasi maka didapat sampel berjumlah 20 orang. Teknik pengumpulan data melalui angket minat belajar IPA pada mata pelajaran IPA dengan empat indikator minat belajar IPA yaitu, perasaan senang, ketertarikan, keterlibatan siswa, dan perhatian siswa. Pengambilan data dilakukan dengan pretest sebelum diberikan perlakuan dan posttest setelah diberikan perlakuan dengan menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik deskriptif dan statistik inferensial. Hasil pengujian hipotesis membuktikan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan adanya model pembelajaran berbasis proyek sebagai model pembelajaran terhadap minat belajar IPA sebelum dan sesudah menggunakan model pembelajaran berbasis proyek. Berdasarkan hasil uji t diperoleh nilai signifikasi (2-tailed) adalah 0,000. Karena nilai signifikasi 0.000 < ɑ = 0.05, maka Ho ditolak dan Ha diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran terhadap minat belajar IPA di sekolah dasar. Kata kunci : Model pembelajaran berbasis proyek, Minat Belajar IPA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 09:56 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 09:56 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2520 |