Nurlaela, Herawati (2022) Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas Iv Sekolah Dasar (Studi Korelasi pada Siswa Kelas IV Sekolah Dasar se-Desa Sukamerta Tahun Pelajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. file judul_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf [thumbnail of 1. file judul_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. file judul_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf
Download (585kB)
![2. file abstrak_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf [thumbnail of 2. file abstrak_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. file abstrak_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf
Download (437kB)
![3. Daftar Isi_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf
Download (392kB)
![4. BAB_I_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf
Download (429kB)
![5. BAB_II_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf
Restricted to Registered users only
Download (498kB)
![6. BAB_III_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf
Download (526kB)
![7. BAB_IV_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf
Restricted to Registered users only
Download (505kB)
![8. BAB_V_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf
Download (404kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf
Download (426kB)
![10. LAMPIRAN_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_220009_18416286206123_Herawati Nurlaela.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian bertujuan untuk mengetahui hubungan antara minat belajar dengan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Matematika di SD se-Desa Sukamerta. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD se-Desa Sukamerta yang berjumlah 196 orang siswa. Mengambil 21% dari anggota populasi maka didapat sampel berjumlah 40 orang siswa. Teknik pengumpulan data dengan angket minat belajar siswa dan tes hasil belajar siswa pada mata pelajaran matematika. Hasil analisis data penelitian minat belajar siswa kelas V SD berada pada kategori sedang dengan frekuensi 30 siswa (75%) dan hasil belajar matematika siswa pada kategori sedang dengan frekuensi 21 siswa (52,5%). Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistic korelasi product moment. Hasil penelitian menunjukkan terdapat hubungan positif antara minat belajar dengan hasil belajar matematika siswa Sekolah Dasar. Terbukti dari Hasil uji korelasi menunjukan rhitung sebesar 0,707 dan rtabel pada taraf signifikansi 5% sebesar 0,312. Dari perhitungan diketahui bahwa rhitung menunjukan angka lebih besar daripada rtabel, atau 0,707 > 0,312, sehingga hubungan minat belajar dengan hasil belajar matematika adalah diterima. Kata kunci: Minat belajar, Hasil belajar, Matematika
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 14 Jan 2025 09:54 |
Last Modified: | 14 Jan 2025 09:54 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2508 |