Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV

Fitriyani, Fitriyani (2022) Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Dalam Menyelesaikan Soal Bangun Datar Pada Siswa Kelas IV. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. Judul_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf] Text
1. Judul_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf

Download (442kB)
[thumbnail of 2. Abstrak_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf] Text
2. Abstrak_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf

Download (441kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf] Text
3. Daftar Isi_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf

Download (390kB)
[thumbnail of 4. Bab I_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf] Text
4. Bab I_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 5. Bab II_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf] Text
5. Bab II_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (602kB)
[thumbnail of 6. Bab III_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf] Text
6. Bab III_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf

Download (467kB)
[thumbnail of 7. Bab IV_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf] Text
7. Bab IV_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 8. Bab V_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf] Text
8. Bab V_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf

Download (427kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf] Text
10. Lampiran_220001_18416286206140_Fitriyani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (963kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan berpikir kreatif matematis siswa dalam menyelesaiakan soal bangun datar pada siswa kelas IV MI Al Mujahidin. Peneliatian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek yang digunakan dalam penelitian adalah 6 subjek yang terdiri dari 5 siswa dan 1 guru. Instrumen yang digunakan yaitu tes, wawancara, dokumentasi dan triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan meliputi reduksi data, pengumpulan data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa kemampuan berpikir kreatif matematis siswa pada tingkat berpikir sangat kreatif siswa diperoleh 8 siswa TBKM 4 (sangat kreatif) 36%, 6 siswa TBKM 3 (kreatif) 27%, 5 siswa TBKM 2 (cukup kreatif) 23%, 2 siswa TBKM 1 (kurang kreatif) 9%, dan 1 siswa TBKM 0 (tidak kreatif) 5%. Ketercapaian setiap indikator kemampuan berpikir kreatif yaitu indikator kelancaran (fluency) 82%, siswa belum mampu untuk menghasilkan banyak ide dan jawaban lengkap. Indikator keluwesan (flexibility) 88%, siswa mampu memahami dan menafsirkan terhadap masalah tetapi jawaban belum benar. Indikator keaslian (origanility) 98%, siswa mampu mengemukakan pemikiran dirinya sendiri sebagai tanggapan tetapi jawaban tidak benar. Kemudian indikator kerincian (elaboration) 89%, siswa mampu mengembangkan, menambah atau memerinci secara detil suatu pertanyaan atau gagasan tetapi jawaban tidak benar. Kata kunci: Analisis, berpikir kreatif matematis vi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 14 Jan 2025 04:42
Last Modified: 14 Jan 2025 04:42
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2499

Actions (login required)

View Item
View Item