Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA Pada Materi Energi Dan Perubahannya

Ringgit, Inggit (2019) Pengaruh Model Quantum Learning Terhadap Pemahaman Konsep IPA Pada Materi Energi Dan Perubahannya. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf] Text
1. File Judul_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf

Download (247kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf] Text
2. File Abstrak_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of 4. BAB I_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf] Text
4. BAB I_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf

Download (656kB)
[thumbnail of 5. BAB II_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf] Text
5. BAB II_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf
Restricted to Registered users only

Download (707kB)
[thumbnail of 6. BAB III_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf] Text
6. BAB III_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf

Download (726kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf] Text
7. BAB IV_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf
Restricted to Registered users only

Download (705kB)
[thumbnail of 8. BAB V_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf] Text
8. BAB V_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf

Download (586kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_190001_15416286206029_Inggit Ringgit.pdf

Download (581kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model quantum learning terhadap pemahaman konsep IPA pada materi energi dan perubahannya siswa kelas III SDN Pulojaya I Kecamatan Lemahabang Kabupaten Karawang tahun pelajaran 2018/2019. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif eksperimen dengan design nonequivalent comparison-group. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDN Pulojaya I yang berjumlah 60 siswa. Sampel penelitian ini adalah siswa kelas IIIA yang berjumlah 30 siswa dan siswa kelas IIIB yang berjumlah 30 siswa. Teknik pengumpulan data melalui tes berupa soal mutiplechoice. Hasil dari uji validitas tes soal mutiplechoice pada mata pelajaran IPA materi energi dan perubahannya diperoleh 30 butir instrumen yang menyatakan valid dari 40 butir instrument yang diujicobakan. Teknik analisis data menggunakan untuk uji normalitas data dan uji homogenitas, kedua uji ini menggunakan program SPSS.
Hasil analisis pada posttest kelas eksperimen diperoleh bahwa pemahaman konsep IPA siswa III pada materi energi dan perubahannya meningkat dengan rata-rata 91, sedangkan pada kelas kontrol diperoleh nilai rata-rata 74. Kemudian dilanjutkan uji hipotesis menggunakan uji t dengan ketentuan sig < 0,05 hasil pengujian hipotesis. Hasil perhitungan uji t pada pemahaman konsep siswa menunjukan bahwa taraf signifikansi yang diperoleh 0,000 < α 0,05. Sehingga H_0 ditolak hal ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh model quantum learning terhadap pemahaman konsep IPA pada materi energi dan perubahannya. Dengan demikian dapat disimpulkan terdapat pengaruh model quantum learning tehadap pemahaman konsep IPA pada materi energi dan perubahannya pada kelas III.

Kata Kunci: Model Quantum Learning, Pemahaman Konsep IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 09 Dec 2024 10:14
Last Modified: 09 Dec 2024 10:14
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/230

Actions (login required)

View Item
View Item