Carvera, Cindi (2021) Metode Daring Dalam Memotivasi Belajar Siswa di Masa Pandemi (Studi Kasus Pada Siswa Kelas 3 Sekolah Dasar Negeri Duren 3 Karawang). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. judul_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf [thumbnail of 1. judul_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. judul_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf
Download (474kB)
![2. abstrak_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf [thumbnail of 2. abstrak_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. abstrak_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf
Download (840kB)
![3. DAFTAR ISI_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf
Download (391kB)
![4. BAB I_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf [thumbnail of 4. BAB I_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf
Download (427kB)
![5. BAB II_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf [thumbnail of 5. BAB II_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf
Restricted to Registered users only
Download (464kB)
![6. BAB III_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf [thumbnail of 6. BAB III_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf
Download (426kB)
![7. BAB IV_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf
Restricted to Registered users only
Download (544kB)
![8. BAB V_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf [thumbnail of 8. BAB V_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf
Download (409kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf
Download (403kB)
![10. LAMPIRAN_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_210082_17416286206090_Cindi Carvera.pdf
Restricted to Registered users only
Download (425kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana metode daring dalam memotivasi belajar siswa di masa pandemi. Penelitian ini dilakukan di SD Negeri Duren 3 Klari Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan jenis studi kasus. Subjek dalam penelitian ini adalah satu guru, dua orang tua siswa dan dua siswa SD Negeri Duren 3. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi langsung, wawancara mendalam, dan pecatatan dokumen. Penelitian ini juga mendeskripsikan segala bentuk tindakan dan kejadian yang dilakukan oleh informan yang diteliti. Hasil penelitian ini menyimpulkan bahwa dalam pembelajaran metode daring dimasa pandemi sangat berpengaruh untuk memotivasi anak untuk belajar dan juga mempermudah anak untuk belajar di masa pandemi, sehingga anak masih bisa mendapatkan ilmu pelajaran meski tidak pergi ke sekolah dan hanya belajar di rumah. Penelitian ini juga menyimpulkan bahwa metode daring tidak hanya membuat siswa termotivasi untuk belajar namun juga lebih mandiri mengerjakan tugas-tugasnya, namun ada juga beberapa kesulitan yang sering dialami dari pengguaan metode daring tersebut yaitu kendala pada jaringan dan fasilitas yang ada pada siswa, dan pengetahuan tentang metode daring namun bisa diminimalisir dengan adanya pendekatan yang dilakukan oleh guru kepada orang tua siswa dan siswa.
Kata Kunci: Motivasi belajar, Metode daring.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:35 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:35 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2196 |