Astuti, Sri (2021) Pengaruh Metode Mind Mapping Terhadap Hasil Belajar IPA di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Kelas Siswa Kelas III SDS Tunas Dharma Kecamatan Karawang Barat Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. JUDUL_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf [thumbnail of 1. JUDUL_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. JUDUL_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf
Download (531kB)
![2. ABSTRAK_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf
Download (452kB)
![3. DAFTAR ISI_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf
Download (424kB)
![4. BAB I_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf [thumbnail of 4. BAB I_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf
Download (458kB)
![5. BAB II_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf [thumbnail of 5. BAB II_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (532kB)
![6. BAB III_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf [thumbnail of 6. BAB III_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf
Download (649kB)
![7. BAB IV_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (508kB)
![8. BAB V_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf [thumbnail of 8. BAB V_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf
Download (410kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf
Download (406kB)
![10. LAMPIRAN_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_210065_16416286206022_Sri Astuti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA SDS Thunas Dharma Kecamatan Karawang Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian Kuantitatif. Populasi yang digunakan pada penelitian ini adalah seluruh siswa kelas III SDS Thunas Dharma yang terdiri dari kelas IIIa dan IIIb. Jumlah siswa kelas IIIa adalah 22 orang, dan jumlah siswa kelas IIIb adalah 21 orang. Dengan mengambil sampel seluruh siswa kelas IIIA dan IIIB SDS Tunas Dharma Kecamatan Karawang Barat. Teknik pengumpulan data melalui soal pilihan ganda (PG) yang berjumlah 30 soal. Teknik analisis data untuk menguji hipotesis dilakukan dengan perhitungan statistik deskriptif Hasil perhitungan statistik deskriptif nilaii pretest hasil belajar IPA bahwa nilai maximum 30, dan nilai minimum 0dengan mean 15,5, modus 25, median 15 dan std deviasi 8,72. Hasil perhitungan statistik deskriptif nilaii postest hasil belajar IPA bahwa nilai maximum 50, dan nilai minimum 20, dengan mean 35, modus 40, median 37,5 dan std deviasi 8,429. Hasil uji normalitas nilai pretest dengan metode Lilliefors diperoleh hasil L-hitung sebesar 0,95 lebih besar dari L-tabel sebesar 0,19 sehingga H1 ditolak. Hasil uji normalitas nilai postest dengan metode Lilliefors diperoleh hasil L-hitung sebesar 0,95 lebihl besar dari L-tabel sebesar 0,190 sehingga H1 ditolak. Hasil uji homogenitas dengan metode Fisher diperoleh nilai F-hitung sebesar 1,070 lebih kecil dari nilai F-tabel sebesar 2,168 maka hasilnya homogen. Hasil uji-t diperoleh nilai t-hitung sebesar 14,418, sedangkan nilai t- tabel sebesar 2,093, maka Ho ditolak. Hasil analisis uji hipotesis menunjukan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pretes dan nilai postest. Dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh dari metode Mind Mapping terhadap hasil belajar IPA
Kata Kunci: Mind Mapping, Hasil Belajar IPA
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 10 Jan 2025 07:29 |
Last Modified: | 10 Jan 2025 07:29 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2179 |