Analisis Berpikir Kritis di Era Pandem (COVID-19) Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Palumbonsari III Karawang Tahun Pelajaran 2020/2021)

Yuliana, Yuliana (2021) Analisis Berpikir Kritis di Era Pandem (COVID-19) Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SD Negeri Palumbonsari III Karawang Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. Judul_210046_17416286206006_Yuliana.pdf] Text
1. Judul_210046_17416286206006_Yuliana.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_210046_17416286206006_Yuliana.pdf] Text
2. ABSTRAK_210046_17416286206006_Yuliana.pdf

Download (339kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_210046_17416286206006_Yuliana.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_210046_17416286206006_Yuliana.pdf

Download (994kB)
[thumbnail of 4. BAB I_210046_17416286206006_Yuliana.pdf] Text
4. BAB I_210046_17416286206006_Yuliana.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 5. BAB II_210046_17416286206006_Yuliana.pdf] Text
5. BAB II_210046_17416286206006_Yuliana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of 6. BAB III_210046_17416286206006_Yuliana.pdf] Text
6. BAB III_210046_17416286206006_Yuliana.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7. BAB IV_210046_17416286206006_Yuliana.pdf] Text
7. BAB IV_210046_17416286206006_Yuliana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)
[thumbnail of 8. BAB V_210046_17416286206006_Yuliana.pdf] Text
8. BAB V_210046_17416286206006_Yuliana.pdf

Download (336kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210046_17416286206006_Yuliana.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_210046_17416286206006_Yuliana.pdf

Download (793kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN_210046_17416286206006_Yuliana.pdf] Text
10. LAMPIRAN_210046_17416286206006_Yuliana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (8MB)

Abstract

Berpikir kritis di era pandemi covid-19 pada pembelajaran IPA menjadi tantangan bagi para guru dan siswa dimana butuh adanya kreatifitas dan cara berpikir kritis agar pembelajaran bisa tersampaikan walaupun dilakukan secara online. Berpikir kritis sangat penting dimiliki dan dikembangkan oleh setiap siswa agar mampu menyelesailan permasalahan yang mereka hadapi dalam kehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui seberapa banyak siswa yang mampu berpikir kritis pada pembelajaran IPA di era pandemi covid-19 di SD Negeri Palumbonsari III. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas IV yang berjumlah 10 siswa. Teknik pengumpulan data dengan observasi, tes, wawancara, dan dokumentasi. Reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan adalah beberapa pendekatan analisis data yang digunakan. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes sesuai dengan indikator kemampuan berpikir kritis facione (2015). Data hasil tes keterampilan berpikir kritis siswa memperoleh pencapaian rerata dari 10 siswa adalah 57, dan presentase 90% untuk siswa yang tidak mencapai KKM. Nilai tertinggi diperoleh siswa 93,33. Nilai terendah yang diperoleh siswa 33,33. Berdasarkan data hasil tes tersebut dapat disimpulkan bahwa berpikir kritis siswa SD Negeri Palumbonsari III di era pandemi covid-19 pada mata pelajaran IPA tergolong rendah dengan kualifikasi sangat kurang kritis dan perlu ditingkatkan.

Kata kunci: Berpikir Kritis, Pandemi (covid-19), Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 10 Jan 2025 07:26
Last Modified: 10 Jan 2025 07:26
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2166

Actions (login required)

View Item
View Item