Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas V SDN Tunggakjati VII Tahun Pelajaran 2020/2021)

Marfuah, Siti (2021) Analisis Miskonsepsi Siswa Pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar (Studi Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas V SDN Tunggakjati VII Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. JUDUL_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf] Text
1. JUDUL_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. ABSTRAK_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf] Text
2. ABSTRAK_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 4. BAB 1_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf] Text
4. BAB 1_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 5. BAB 2_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf] Text
5. BAB 2_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. BAB 3_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf] Text
6. BAB 3_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7. BAB 4_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf] Text
7. BAB 4_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)
[thumbnail of 8. BAB 5_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf] Text
8. BAB 5_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf

Download (309kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf] Text
10. LAMPIRAN_210031_17416286206001_Siti Marfuahi.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Miskonsepsi merupakan kesalahpahaman siswa dalam memahami konsep pembelajaran. Miskonsepsi dalam pembelajaran ini dapat dipengaruhi dari metode mengajar guru, bahan ajar yang digunakan dan kemampuan siswa itu sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persentase miskonsepsi beserta faktor yang mempengaruhi terjadinya miskonsepsi pada siswa sekolah dasar. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif dengan metodologi penelitian deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi, wawancara, tes soal subjektif, dan dokumentasi. Sumber data dalam penelitian ini adalah 15 orang siswa kelas V dan guru kelas V SDN Tunggakjati VII yang merupakan sumber data untuk mengetahui faktor terjadinya miskonsepsi pada siswa. Teknik analisis data untuk menghitung persentase dilakukan dengan perhitungan statistik deskriptif . Hasil analisis menunjukkan bahwa dari 15 orang siswa, 6 orang siswa mengalami miskonsepsi pada pembelajaran IPA yaitu pada materi siklus air dengan jumlah persentase miskonsepsi sebesar 83,3% - 100,0%, jumlah ini termasuk ke dalam kategori miskonsepsi tingkat tinggi. Hal yang menyebabkan terjadinya miskonsepsi pada siswa kelas V SDN Tunggakjati VII adalah faktor internal siswa yang meliputi, faktor intuisi siswa, kemampuan siswa, dan minat belajar siswa. Untuk faktor eksternal meliputi guru dan metode pembelajaran.

Kata kunci : Miskonsepsi, Faktor Terjadinya Miskonsepsi, Pembelajaran IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 10 Jan 2025 04:12
Last Modified: 10 Jan 2025 04:12
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2109

Actions (login required)

View Item
View Item