Pengaruh Metode Suku Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar (Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas I SDN Talagasari II Tahun Pelajaran 2020/2021)

Nurjanah, Qori (2021) Pengaruh Metode Suku Kata Terhadap Keterampilan Membaca Permulaan Siswa Kelas I Sekolah Dasar (Studi Eksperimental Pada Siswa Kelas I SDN Talagasari II Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf] Text
1. FILE JUDUL_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. FILE ABSTRAK_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf] Text
2. FILE ABSTRAK_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf

Download (362kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf

Download (628kB)
[thumbnail of 4. BAB I_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf] Text
4. BAB I_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf

Download (930kB)
[thumbnail of 5. BAB II_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf] Text
5. BAB II_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 6. BAB III_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf] Text
6. BAB III_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of 7. BAB IV_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf] Text
7. BAB IV_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 8. BAB V_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf] Text
8. BAB V_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf

Download (300kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf

Download (365kB)
[thumbnail of 10. ARTIKEL_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf] Text
10. ARTIKEL_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (461kB)
[thumbnail of 10. LAMPIRAN_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf] Text
10. LAMPIRAN_210030_17416286206058_Qori Nurjanah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat apakah terdapat hubungan yang signifikan antara keterampilan membaca permulaan menggunakan metode suku kata dengan keterampilan membaca permulaan tanpa metode suku kata pada siswa kelas I SDN Talagasari II. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas I yang berjumlah 23 orang, yang keseluruhannya dijadikan sampel. Pendekatan penelitian yang digunakan yaitu kuantitatif dengan pendekatan eksperimen. Metode penelitian yang digunakan Pre - eksperimental design dengan tipe One Grup Pretest – Posttest. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes lisan. Pada pengukuran awal keterampilan membaca permulaan sebelum diberikan perlakuan menunjukkan kategori sangat rendah mencapai 65,21%, kategori rendah mencapai 34,78%, kategori baik, tinggi dan sangat tinggi mencapai 0%. Sedangkan sesudah diberikan perlakuan pada kategori sangat tinggi mencapai 13,04%, karegori tinggi mencapai 34,78%, kategori baik mencapai 39,13%, kategori rendah 8,69%, dan kategori sangat rendah 4,34%. Pengujian analisis data menunjukkan bahwa berdasarkan perhitungan uji-t perolehan nilai thitung sebesar 27,43 dan ttabel sebesar 2,07. Dapat disimpulkan thitung = 27,43 > ttabel = 2,07 maka H0 ditolak dan Ha diterima, artinya bahwa penggunaan metode suku kata terhadap keterampilan membaca permulaan berpengaruh terhadap peningkatan keterampilan membaca permulaan siswa kelas I SDN Talagasari II.

Kata kunci : metode suku kata, keterampilan membaca permulaan.

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 10 Jan 2025 04:11
Last Modified: 10 Jan 2025 04:11
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/2107

Actions (login required)

View Item
View Item