Setiawan, Dony (2021) Sistem Penjualan Menggunakan Algoritma Apriori Untuk Menganalisis Pola Pembelian Konsumen. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf [thumbnail of 1. File Judul_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf
Download (632kB)
![2. File Abstrak_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf
Download (394kB)
![3. Daftar Isi_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf
Download (430kB)
![4. BAB_I_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf [thumbnail of 4. BAB_I_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB_I_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf
Download (420kB)
![5. BAB_II_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf [thumbnail of 5. BAB_II_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB_II_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (554kB)
![6. BAB_III_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf [thumbnail of 6. BAB_III_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB_III_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf
Download (480kB)
![7. BAB_IV_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf [thumbnail of 7. BAB_IV_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB_IV_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![8. BAB_V_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf [thumbnail of 8. BAB_V_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB_V_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf
Download (404kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf
Download (419kB)
![10. Lampiran_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf [thumbnail of 10. Lampiran_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran_210014_17416257201043_Dony Setiawan.pdf
Restricted to Registered users only
Download (432kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk membuat sistem penjualan agar dapat mendapatkan data order secara tepat waktu, tidak terlambat hingga mengakibatkan berhari-hari dan data menjadi terstruktur. serta membuat solusi untuk mengolah data transaksi penjualan yang semakin lama akan semakin banyak menggunakan algoritma apriori untuk mengetahui pola pemebelian konsumen, sehingga dapat menjadi keluaran untuk pengambilan keputusan atau knowledge. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif yang bertujuan untuk memperdalam pemahaman terhadap fenomena yang sedang terjadi saat ini dengan sedalam-dalamnya, hal ini menunjukan pentingnya kedalaman dan detail dari data yang diteliti. Pengembangan sistem menggunakan metode waterfall karena sangat cocok dengan kebutuhan sistem yang akan dibangun. dari hasil penelitian menghitung sampel data transaksi dengan total 12 data pada tanggal 7-8 Agustus 2021 menggunakan tools Tanagra menghasilkan rule association bahwa jika membeli vortex maka akan membeli varaco dengan nilai support 58% dan nilai confidence 100%, mempunyai nilai lift ratio 1,3 menyatakan bahwa kedua produk tersebut mempunyai keterikatan yang kuat satu sama lain. Disusul dengan jika membeli varaco maka akan membeli vortex, jika membeli kristal maka akan membeli arco yang memenuhi kriteria parameter yang telah ditentukan dengan nilai minimum support 20% dan minimum confidence 50%.
Kata kunci : penjualan, data mining, algoritma apriori.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 07 Jan 2025 04:39 |
Last Modified: | 07 Jan 2025 04:39 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1754 |