Haedar, Sukma Sas (2021) Pembelajaran PPKN Dalam Penerapan Karakter Disiplin Siswa di Masa Pandemi Covid-19 (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas VIII SMPN 1 Tempuran Karawang Tahun Pelajaran 2020/2021). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf [thumbnail of 1. COVER_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf
Download (505kB)
![2. ABSTRAK_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf
Download (287kB)
![3. DAFTAR ISI_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf [thumbnail of 3. DAFTAR ISI_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. DAFTAR ISI_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf
Download (1MB)
![4. BAB I_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf [thumbnail of 4. BAB I_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf
Download (1MB)
![5. BAB II_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf [thumbnail of 5. BAB II_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
![6. BAB III_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf [thumbnail of 6. BAB III_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf
Download (806kB)
![7. BAB IV_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
![8. BAB V_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf [thumbnail of 8. BAB V_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf
Download (437kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf
Download (489kB)
![10. ARTIKEL_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf [thumbnail of 10. ARTIKEL_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. ARTIKEL_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![11. LAMPIRAN_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf [thumbnail of 11. LAMPIRAN_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
11. LAMPIRAN_210025_17416287205014_Sukma Sas Haedar.pdf
Restricted to Registered users only
Download (10MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan karakter disiplin siswa dalam pembelajaran PPKn dimasa pandemi Covid-19. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode deskriptif. Subjek dalam penelitian ini adalah guru PPKn, wakasek kurikulum, dan siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis dalam penelitian ini menggunakan triangulasi. Hasil penelitian ini mengemukakan bahwa upaya guru dalam menanamkan karakter disiplin siswa harus dilakukan secara langsung dan bertahap, namun karakter disiplin siswa saat ini cenderung menurun, hal ini telihat dari kurangnya kepedulian peserta didik, khususnya kedisiplinan saat proses pembelajaran. Rekomendasi penelitian ini bagi Universitas Buana Perjuangan Karawang selaku penyelenggara pendidikan tinggi guna untuk menjadi kepustakaan terutama dalam bidang pendidikan karakter, bagi Program Studi Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan dengan hasil penelitian ini menyarankan untuk dimasukkan dalam kajian-kajian pendidikan karakter untuk menambah wawasan dan pembelajaran mengenai pendidikan karakter.
Kata Kunci : Pembelajaran PPKn, Karakter Disiplin, dan Pandemi Covid19.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 03 Jan 2025 07:10 |
Last Modified: | 03 Jan 2025 07:10 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1660 |