Wijaya, Renaldi (2020) Studi Analisis Kesalahan Ejaan Pada Karangan Deskripsi Siswa Kelas IV MI Ar Rahmah Citra Kebun Mas Majalaya (Penelitian Studi Kasus Kualitatif di MI Ar Rahmah Citra Kebun Mas Majalaya Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. File Judul_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf [thumbnail of 1. File Judul_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. File Judul_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf
Download (454kB)
![2. File Abstrak_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf [thumbnail of 2. File Abstrak_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. File Abstrak_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf
Download (437kB)
![3. Daftar isi_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf [thumbnail of 3. Daftar isi_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar isi_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf
Download (430kB)
![4. BAB I_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf [thumbnail of 4. BAB I_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf
Download (444kB)
![5. BAB II_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf [thumbnail of 5. BAB II_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf
Restricted to Registered users only
Download (591kB)
![6. BAB III_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf [thumbnail of 6. BAB III_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf
Download (454kB)
![7. BAB IV_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf
Restricted to Registered users only
Download (545kB)
![8. BAB V_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf [thumbnail of 8. BAB V_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf
Download (420kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf
Download (419kB)
![10. Lampiran-lampiran_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf [thumbnail of 10. Lampiran-lampiran_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. Lampiran-lampiran_200006_16416286206138_Renaldi Wijaya.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Menulis merupakan alat komunikasi secara tidak langsung antar penulis dan pembaca dalam ragam bahasa tertulis. Seseorang dapat memahami pesan apabila mengerti dan memahami simbol tulisan yang terdapat dalam pesan tersebut. Oleh karena itu, seorang penulis perlu menguasai kemampuan dalam menulis yang sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kesalahan ejaan pada karangan deskripsi siswa kelas IV MI Ar rahmah Citra Kebun Mas Kecamatan Majalaya Kabupaten Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian kualitatif deskriptif. Pengumpulan data penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara, dan dokumentasi. Dengan teknik analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor penyebab kesalahan ejaan disebabkan karena kurangnya motivasi, intelegensi siswa rendah, pembelajaran yang kurang maksimal. Sehingga berdampak pada hasil karangan deskripsi yang terletak pada penggunaan huruf kapital dan tanda baca yang tidak sesuai kaidah-kaidah penulisan, seperti kesalahan penulisan huruf kapital pada awal kata dan kalimat banyak terjadi pada saat siswa menuliskan kata baru atau pada pergantian kalimat. Siswa belum terlatih keterbiasaan dari siswa itu sendiri. Begitu juga pada tanda baca, pengetahuan siswa yang kurang akan kaidah tanda baca seperti tanda titik, tanda koma, dan tanda hubung membuat siswa kesulitan menempatkan tanda baca tersebut di dalam tulisan deskripsinya. Dalam penelitian ini, peneliti memberikan saran kepada guru pada saat pelajaran tema tentang kompetensi dasar bahasa Indonesia harus meningkatkan kreativitas dalam kegiatan belajar mengajar, khususnya pada penerapan ejaan dalam hal penggunaan huruf kapital dan tanda baca dengan mengkombinasikan metode pembelajaran yang ada pada saat menulis karangan deskripsi. Begitu juga pada siswa harus sering membaca buku pedoman ejaan yang disempurnakan dan harus memahaminya. Selain itu, siswa juga harus mengikuti arahan yang diberikan oleh guru dan lebih sering melatih keterampilan menulisnya.
Kata kunci: kesalahan ejaan, karangan deskripsi
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 27 Dec 2024 06:29 |
Last Modified: | 27 Dec 2024 06:29 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1239 |