Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep IPA (Penelitian Kuantitatif Pada Siswa Kelas V SDN Kondangjaya I Kecamatan Karawang Timur Tahun Pelajaran 2019/2020)

Arianty, Melly (2020) Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make A Match Terhadap Pemahaman Konsep IPA (Penelitian Kuantitatif Pada Siswa Kelas V SDN Kondangjaya I Kecamatan Karawang Timur Tahun Pelajaran 2019/2020). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1.File Judul_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf] Text
1.File Judul_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf

Download (537kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf] Text
2. File Abstrak_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf

Download (437kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf] Text
3. Daftar Isi_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf] Text
4. BAB_I_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf] Text
5. BAB_II_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf
Restricted to Registered users only

Download (501kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf] Text
6. BAB_III_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf

Download (536kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf] Text
7. BAB_IV_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf
Restricted to Registered users only

Download (546kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf] Text
8. BAB_V_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf

Download (414kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf] Text
10. Lampiran_SD_200005_16416286206002_Melly Arianty.pdf
Restricted to Registered users only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match terhadap pemahaman konsep IPA Kelas V Sekolah Dasar. Penelitian ini dilakukan di SDN Kondangjaya I Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif. Pada penelitian ini sampel sebanyak 30 orang dengan menggunakan teknik sample non random sampling dan dibagi menjadi dua kelompok, yaitu kelompok eksperimen dan kelompok kontrol. Instrumen penelitian yang digunakan berupa pilihan ganda. Tes tersebut digunakan untuk mengukur kemampuan pemahaman konsep IPA. Teknik analisis data yang digunakan yakni perhitungan statistik. Hasil dari uji validitas tes soal pilihan ganda pada mata pelajaran IPA diperoleh 15 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 25 butir soal instrumen yang diujicobakan. Hasil dari reliabilitas diperoleh nilai sebesar 0,9108. Hasil pengujian hipotesis dengan menggunakan SPPS versi 22, dengan taraf signifikan antara model Pembelajaran Kooperatif tipe Make a Match dengan pemahaman konsep IPA. Hal ini diperoleh thitung = 3,725 > ttabel 1,771 dengan sig = 0,001 < 0,05 dan n = 30 menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Make a Match terhadap pemahaman konsep IPA.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make a Match; Pemahaman Konsep IPA

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 27 Dec 2024 06:29
Last Modified: 27 Dec 2024 06:29
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1238

Actions (login required)

View Item
View Item