Mustika, Nanik (2020) Perlindungan Hukum Bagi Konsumen Pengguna Jasa Pengiriman Barang Atas Kehilangan Barang Yang Dikirimkan Dihubungkan Dengan Undang-Undang Nomor 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. Cover_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf [thumbnail of 1. Cover_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. Cover_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf
Download (653kB)
![2. Abstrak_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf [thumbnail of 2. Abstrak_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. Abstrak_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf
Download (441kB)
![3. Daftar Isi_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf [thumbnail of 3. Daftar Isi_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
3. Daftar Isi_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf
Download (688kB)
![4. BAB I_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf [thumbnail of 4. BAB I_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf
Download (3MB)
![5. BAB II_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf [thumbnail of 5. BAB II_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
![6. BAB III_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf [thumbnail of 6. BAB III_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf
Download (2MB)
![7. BAB IV_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
![8. BAB V_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf [thumbnail of 8. BAB V_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf
Download (308kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf
Download (365kB)
![10. LAMPIRAN_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf [thumbnail of 10. LAMPIRAN_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
10. LAMPIRAN_HK_200016_16416274201049_Nanik Mustika.pdf
Restricted to Registered users only
Download (614kB)
Abstract
Pembangunan dan perkembangan perekonomian dibidang perindustrian dan perdagangan nasional telah menghasilkan berbagai variasi barang dan jasa yang dapat dikonsumsi ditambah dengan globalisasi dan perdagangan bebas yang didukung oleh kemajuan teknologi telekomunikasi memperluas transaksi barang atau jasa dapat dilihat dengan adanya pemanfaatan internet untuk menunjang transaksi perdagangan jarak jauh bahwa suatu perdagangan tidak lagi membutuhkan pertemuan antar pelaku bisnis maka dari itu hubungan konsumen dengan pelaku usaha jasa pengiriman barang itu sangatlah penting. Adapun permasalahan yang diangkat di dalam penelitian ini Bagaimana Perlindungan Hukum bagi Konsumen pengguna jasa pengiriman barang jika barang yang dikirim tidak sampai atau hilang terhadap konsumen Menurut Undang-Undang Nomer 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Tujuan dari Penelitan ini Untuk mengetahui Perlindungan hukum bagi Konsumen pengguna jasa pengiriman barang jika barang yang dikirim tidak sampai atau hilang terhadap konsumen Menurut Undang-Undang Nomer 8 Tahun 1999 Tentang Perlindungan Konsumen. Dalam Penelitian ini, penulis menggunakan Metode Yuridis Normatif. Hasil penelitian penulis adalah setelah melalui beberapa proses pemeriksaan barang akan segera dikirim ketempat tujuan sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati, Apabila dalam pelaksanaan perjanjian tersebut mengalami wanprestasi, pihak jasa pengiriman barang bertanggungjawab untuk mengganti kerugian yang dialami pihak konsumen. Kedua belah pihak dapat menyelsaiakan masalah sesuai dengan perjanjian yang telah disepakati, Apabila barang yang dikirim hilang atau rusak pihak jasa pengiriman barang bertanggungjawab untuk mengganti barang yang hilang atau rusak tersebut dengan barang yang sama atau mengganti uang sebesar harga barang tersebut. Kata Kunci: Perlindungan Hukum, Pelaku usaha jasa pengiriman barang, konsumen.
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Law |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 24 Dec 2024 06:16 |
Last Modified: | 24 Dec 2024 06:16 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1205 |