Gambaran Brand Trust Terhadap Dompet Digital Gopay Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Di UBP Karawang

Arifin, Muhamad (2020) Gambaran Brand Trust Terhadap Dompet Digital Gopay Pada Mahasiswa Fakultas Psikologi Di UBP Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf] Text
1. File Judul_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf

Download (475kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf] Text
2. File Abstrak_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf

Download (421kB)
[thumbnail of 3. DAFTAR ISI_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf] Text
3. DAFTAR ISI_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf

Download (409kB)
[thumbnail of 4. BAB I_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf] Text
4. BAB I_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf

Download (448kB)
[thumbnail of 5. BAB II_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf] Text
5. BAB II_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (504kB)
[thumbnail of 6. BAB III_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf] Text
6. BAB III_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf

Download (503kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf] Text
7. BAB IV_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (480kB)
[thumbnail of 8. BAB V_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf] Text
8. BAB V_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf

Download (419kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf

Download (408kB)
[thumbnail of 10.LAMPIRAN_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf] Text
10.LAMPIRAN_200058_16416273201097_Muhamad Arifin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (413kB)

Abstract

Brand Trust merupakan kepercayaan seseorang terhadap suatu merek karena merasa merek tersebut mampu bertanggung jawab dan dipercaya memenuhi kebutuhannya sesuai dengan kegunaan dan fungsi nya. Gopay adalah sebuah metode pembayaran yang ditawarkan Gojek melalui aplikasinya. Pengguna tidak perlu lagi membayar uang tunai kepada driver, saldo Gopay secara otomatis akan berkurang. Kemudahan penggunaan inilah yang dirasa membuat masyarakat memutuskan beralih menggunakan Gopay. Penelitian ini dilakukan untuk mendeskripsikan gambaran brand trust terhadap penggunaan Gopay pada mahasiswa psikologi UBP. Subjek penelitian sebanyak 56 orang yang berasal dari mahasiswa psikologi UBP Karawang yang menggunakan dompet digital Gopay. Skala yang digunakan adalah skala likert yang terdiri dari 5 tingkatan. Skala telah diuji cobakan dengan menghasilkan nilai reliabilitas sebesar 0,879. Data penelitian dianalisis dengan statistik deskriptif menggunakan program SPSS versi 24. Dari hasil analisis data yang dilakukan, pada uji normalitas didapatkan sebaran data berdistribusi normal. Diperoleh hasil nilai mean (rata – rata) sebesar 62,93, nilai median (nilai tengah) sebesar 65, nilai minimum (terendah) sebesar 39 dan nilai maximum (tertinggi) sebesar 84 dengan selisih jarak (range) antara nilai minimum dengan nilai maximum sebesar 45 serta nilai standar deviasi sebesar 11,3. Untuk pengujian hipotesis dilakukan dengan metode one sample t-test. Hasil t-hitung sebesar -5,998 dengan taraf kesalahan 5%, maka t-hitung > t-tabel ( 5,998 > 2,004) dan nilai p < 0,005 maka dapat di ambil keputusan bahwa hipotesis yang didapatkan yaitu Ha diterima dan H0 ditolak, dengan kata lain besaran persentase hitung yang didapatkan berbeda dengan persentase yang diharapkan yaitu sebesar 80%.

Kata kunci: brand, trust, Gopay

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 23 Dec 2024 03:58
Last Modified: 23 Dec 2024 03:58
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1076

Actions (login required)

View Item
View Item