Kontrol Diri, Konformitas, Dan Perilaku Konsumtif Para Pemain Game Online Mobile Legends Bang Bang Di Karawang

Ramadhan, Fiqri (2020) Kontrol Diri, Konformitas, Dan Perilaku Konsumtif Para Pemain Game Online Mobile Legends Bang Bang Di Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf] Text
1. File Judul_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf

Download (457kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf] Text
2. File Abstrak_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf

Download (428kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf] Text
3. Daftar Isi_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf

Download (413kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf] Text
4. BAB_I_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf

Download (462kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf] Text
5. BAB_II_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (518kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf] Text
6. BAB_III_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf

Download (495kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf] Text
7. BAB_IV_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (528kB)
[thumbnail of 8. BAB_V_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf] Text
8. BAB_V_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf

Download (433kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf

Download (423kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf] Text
10. Lampiran_200041_16416273201025_Fiqri Ramadhan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (886kB)

Abstract

Game online merupakan hasil dari perkembangan teknologi yang mengalami perkembangan dari tahun ke tahun. Game online ini juga menjadi pilihan bagi beberapa orang untuk dijadikan media hiburan, namun ada beberapa game online yang membutuhkan biaya lebih untuk menikmatinya, salah satunya game online Mobile Legends Bang Bang. Karena menariknya produk jual dan promo yang diberikan membuat beberapa pemain menjadi konsumtif dalam mengonsumsi produk jual di dalam permainan ini. Perilaku konsumtif sendiri adalah perilaku yang mengonsumsi suatu produk atau jasa secara berlebihan sehingga tidak sedikit perilaku konsumtif ini dapat merugikan pemainnya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendapatkan data berupa angka mengenai pengaruh kontrol diri dan konformitas terhadap perilaku konsumtif para pemain game online Mobile Legends Bang Bang di Karawang. Populasi dalam penelitian ini berjumlah 248 responden dengan sampel berjumlah 151 responden menggunakan rumus dari Isaac dan Michael dengan taraf signifikansi 5%. Metode penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan teknik pengumpulan data yaitu quota sampling. Berdasarkan hasil uji regresi berganda didapatkan nilai signifikansi sebesar 0,001 < 0,05 (p < 0,05), maka terdapat pengaruh antara kontrol diri dan konformitas terhadap perilaku konsumtif. Secara parsial terdapat pengaruh antara kontrol diri terhadap perilaku konsumtif dengan nilai Sig. 0,001 < 0,05, dan terdapat pengaruh secara parsial antara konformitas terhadap perilaku konsumtif dengan nilai Sig. 0,005 < 0,05 dengan nilai koefisien determinasi sebesar 8,6%. Sehingga semakin rendah kontrol diri dan semakin tinggi konformitas seseorang akan semakin tinggi pula perilaku konsumtifnya.

Kata kunci: Kontrol Diri, Konformitas, Perilaku Konsumtif, Game Online, Mobile Legends Bang Bang

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 23 Dec 2024 03:19
Last Modified: 23 Dec 2024 03:19
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/1058

Actions (login required)

View Item
View Item