Implementasi Single Minute Exchange of Dies (SMED) Saat Brand Changeover Mesin Focke dan Protos (di PT. International Tobacco COmpany)

Hardiyanto, Dwi (2019) Implementasi Single Minute Exchange of Dies (SMED) Saat Brand Changeover Mesin Focke dan Protos (di PT. International Tobacco COmpany). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul.pdf] Text
1. File Judul.pdf

Download (232kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak.pdf] Text
2. File Abstrak.pdf

Download (681kB)
[thumbnail of 4. BAB I.pdf] Text
4. BAB I.pdf

Download (804kB)
[thumbnail of 5. BAB II.pdf] Text
5. BAB II.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 6. BAB III.pdf] Text
6. BAB III.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 7. BAB IV.pdf] Text
7. BAB IV.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 8. BAB V.pdf] Text
8. BAB V.pdf

Download (893kB)
[thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA.pdf] Text
9. DAFTAR PUSTAKA.pdf

Download (679kB)

Abstract

Waktu pergantian brand merupakan salah satu waste yang perlu kurangi atau diminimalkan. Di bagian Secondary White Machine PT. ITC , proses setup pada saat perpindahan brand (Brand Changeover) yang sering terjadi pada mesin berdampak pada nilai perfoma yang kecil dan berpotensi terjadi keterlambatan jadwal distribusi sehingga pada kondisi tersebut terjadi stock out pada pasar dan tidak dapat memenuhi kebutuhan konsumen sesuia dengan jadwal yang telah di tetapkan. Sehingga hal tersebut perlu diperhatikan dan di lakukan observasi terhadap kegiatan perpindahan brand pada mesin maker dan packer agar kegiatan tersebut lebih efisien. Dari hasil analisa yang dilakukan bersama dengan management, diketahui bahwa proses pergantian brand yang terjadi di area SPM memakan durasi waktu yang cukup lama di karenakan belum menerapkan metode yang tepat dalam proses tersebut. Dengan proses pemisahan kegiatan eksternal dan internal dengan metode SMED, dan memparalelkan kegiatan internal dalam suatu proses di harapkan mampu meningkatkan perfoma produksi. Waktu rata-rata yang dibutuhkan mesin protos untuk melakukan brand change adalah 85.078 menit dan mesin Focke adalah 179.105 menit. Dengan methode SMED dan melakukan pemisahan kegiatan eksternal dan internal dapat mengurangi 27.834% waktu Brand Change untuk mesin Protos dan 42.243% waktu Brand Change untuk mesin Focke. Dari implementasi metode tersebut selama 7 minggu dapat diketahui bahwa penurunan waktu Brand change dapat meningkatkan peforma uptime Link Up mesin sebesar 6.48%.
Kata kunci : Brand Changeover, SMED, Lean

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 09 Dec 2024 06:59
Last Modified: 09 Dec 2024 06:59
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/103

Actions (login required)

View Item
View Item