Susilawati, Nita (2019) Pengaruh Model Pembelajaran Probing Prompting Terhadap Keaktifan Belajar Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Karawang Wetan V Tahun Pelajaran 2018/2019). Diploma thesis, UBP Karawang.
![1. COVER_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf [thumbnail of 1. COVER_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
1. COVER_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf
Download (657kB)
![2. ABSTRAK_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf [thumbnail of 2. ABSTRAK_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
2. ABSTRAK_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf
Download (618kB)
![4. BAB I_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf [thumbnail of 4. BAB I_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
4. BAB I_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf
Download (602kB)
![5. BAB II_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf [thumbnail of 5. BAB II_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
5. BAB II_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (693kB)
![6. BAB III_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf [thumbnail of 6. BAB III_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
6. BAB III_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf
Download (945kB)
![7. BAB IV_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf [thumbnail of 7. BAB IV_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
7. BAB IV_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
![8. BAB V_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf [thumbnail of 8. BAB V_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
8. BAB V_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf
Download (590kB)
![9. DAFTAR PUSTAKA_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf [thumbnail of 9. DAFTAR PUSTAKA_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf]](http://repository.ubpkarawang.ac.id/style/images/fileicons/text.png)
9. DAFTAR PUSTAKA_190100_15416286206034_Nita Susilawati.pdf
Download (579kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan antara keaktifan belajar siswa yang menggunakan model pembelajaran probing prompting dengan keaktifan belajar siswa yang tidak menggunakan model pembelajaran probing prompting di kelas V SDN Karawang Wetan V. Penelitian ini merupakan jenis penelitian dengan pendekatan metode kuantitatif eksperimen. Populasi yang digunakan dalam penelitian ini adalah seluruh siswa SDN Karawang Wetan V. Dengan sampel kelas V sebanyak dua kelas yang terdiri dari kelas kontrol dan kelas eksperimen yang masing-masing berjumlah 40 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui instrumen berupa angket keaktifan belajar siswa. Hasil uji Validitas instrumen angket keaktifan belajar siswa diperoleh 30 butir instrument yang dinyatakan valid dari 40 yang diujicobakan. Hasil dari perhitungan realibilitas diperoleh nilai r_11 sebesar 0,858. Teknik Analisis data untuk menguji hipotesis yang digunakan adalah uji-t. Hasil pengujian hipotesis, terdapat perbedaan signifikan rata-rata keaktifan belajar siswa. Hal ini diperoleh dari nilai sig. (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, dengan taraf sig. (2-tailed) < 0,05 dan menunjukkan t_(hitung )> t_(tabel )yaitu 4,266 > 1,667 maka H_(0 )ditolak dan H_(1 )diterima. Dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa ada perbedaan rata-rata keaktifan belajar siswa antara kelas yang menggunakan model pembelajaran probing prompting dengan kelas yang tidak menggunakan model probing prompting.
Kata Kunci: Model pembelajaran, Probing prompting, Keaktifan belajar
Item Type: | Thesis (Diploma) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
Depositing User: | Repository UBP Karawang |
Date Deposited: | 18 Dec 2024 08:13 |
Last Modified: | 18 Dec 2024 08:13 |
URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/697 |