Data Mining Implementasi Algoritma K-Means Untuk Mengetahui Prestasi Siswa Berdasarkan Data Nilai (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Telukjambe Barat)

Indriyana, Rafik (2019) Data Mining Implementasi Algoritma K-Means Untuk Mengetahui Prestasi Siswa Berdasarkan Data Nilai (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Telukjambe Barat). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf] Text
1. File Judul_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf

Download (887kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf] Text
2. File Abstrak_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf

Download (84kB)
[thumbnail of 4. BAB_I_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf] Text
4. BAB_I_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf

Download (121kB)
[thumbnail of 5. BAB_II_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf] Text
5. BAB_II_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (267kB)
[thumbnail of 6. BAB_III_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf] Text
6. BAB_III_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf

Download (196kB)
[thumbnail of 7. BAB_IV_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf] Text
7. BAB_IV_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 8. BAB_V_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf] Text
8. BAB_V_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf

Download (152kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_190045_15416255201115_Rafik Indriyana.pdf

Download (189kB)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik dapat menambah potensi yang dimiliki oleh dirinya. Prestasi belajar merupakan salah satu alat ukur dengan tingkat keberhasilan seorang siswa didalam kegiatan proses belajar mengajar yang diikuti di sekolahnya. Pada saat ini di SMAN 1 Telukjambe Barat belum adanya perhitungan otomatis untuk mendukung keputusan dalam memilih siswa/i yang berprestasi dan akan terjadi kerumitan dalam menentukan pengambilan keputusan dalam memilih siswa/i yang berprestasi. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengelompokan siswa/i yang berprestasi menggunakan algoritma k-means clustering. Pada tahapan algoritma k means clustering pada data mining memiliki beberapa tahapan diantaranya menentukan jumlah cluster, menentukan nilai titik pusat (Centroid) dan menghitung jarak ke masing-masing centroid. Hasil dari pengelompokan siswa/i yang berprestasi dengan menggunakan tools Microsoft Excel, RapidMiner dan aplikasi berbasis web dengan dua cluster maka didapat hasil dari cluster pertama 27 siswa yang berprestasi sedangkan pada cluster kedua 23 siswa yang tidak berprestasi. Kata Kunci : Data Mining, K-Means clustering, prestasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Repository UBP Karawang
Date Deposited: 16 Dec 2024 06:17
Last Modified: 16 Dec 2024 06:17
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/557

Actions (login required)

View Item
View Item