Pola Komunikasi Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN Pasirjengkol II Tahun Ajaran 2021/2022)

Alhumairoh, Nurul Azhari (2022) Pola Komunikasi Guru dan Siswa Dalam Pembelajaran Tatap Muka Terbatas (PTMT) (Studi Kualitatif Deskriptif Pada Siswa Kelas IV SDN Pasirjengkol II Tahun Ajaran 2021/2022). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. Judul_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf] Text
1. Judul_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf

Download (375kB)
[thumbnail of 2. Abstrak_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf] Text
2. Abstrak_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf

Download (42kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf] Text
3. Daftar Isi_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf

Download (41kB)
[thumbnail of 4. BAB I_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf] Text
4. BAB I_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf

Download (252kB)
[thumbnail of 5. BAB II_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf] Text
5. BAB II_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (321kB)
[thumbnail of 6. BAB III_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf] Text
6. BAB III_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf

Download (318kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf] Text
7. BAB IV_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (217kB)
[thumbnail of 8. BAB V_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf] Text
8. BAB V_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf

Download (44kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf

Download (146kB)
[thumbnail of 10.Artikel_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf] Text
10.Artikel_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (417kB)
[thumbnail of 11. Lampiran_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf] Text
11. Lampiran_220092_18416286206100_Nurul Azhari Alhumairoh.pdf
Restricted to Registered users only

Download (503kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pola komunikasi guru dan siswa dalam pembelajaran tatap muka terbatas di kelas IV SDN Pasirjengkol II, baik dari segi proses komunikasi, kendala yang dihadapi maupun upaya yang dilakukan untuk mengatasi hambatan komunikasi. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Dalam penelitian ini, informan kunci adalah guru kelas di SDN Pasirjengkol II. Sedangkan informan pendukung adalah siswa kelas IV SDN Pasirjengkol II. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis non-anematik, meliputi reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa proses komunikasi guru-siswa dilakukan secara langsung dan tidak langsung, secara verbal dan nonverbal, dan dengan menggunakan pola komunikasi. Beberapa kendala yang menjadi kendala guru adalah kurangnya penguasaan materi saat mengajar, kurang inovatif dan kreatif saat kegiatan belajar mengajar berlangsung dan penyediaan materi pembelajaran yang belum optimal. Hambatan siswa adalah siswa memiliki karakter yang berbeda-beda, siswa kurang merespon dengan baik pesan yang disampaikan guru, dan perhatian siswa bercabang. Hambatan media adalah terbatasnya paket media (modul) dan penggunaan media yang belum optimal. Upaya untuk mengatasi hal tersebut adalah guru yang menciptakan komunikasi yang efektif, guru yang berusaha pandai berinovasi dalam memberikan materi pembelajaran agar tidak membosankan, siswa belajar dengan serius, memperhatikan saat guru menjelaskan materi pelajaran, siswa memperhatikan terhadap apa yang dijelaskan guru, tidak mengobrol, tidak menyendiri dan tidak ribut di dalam kelas, guru berusaha melakukan kegiatan belajar mengajar dengan menggunakan media komunikasi. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa proses komunikasi guru-murid dalam pembelajaran tatap muka Terbatas belum sepenuhnya dilaksanakan secara optimal.

Kata kunci: komunikasi, pembelajaran tatap muka terbatas

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 10 Nov 2025 03:46
Last Modified: 10 Nov 2025 03:46
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5262

Actions (login required)

View Item
View Item