Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha

Kurniawan, Awan (2024) Pengaruh Citra Merek dan Kualitas Produk Terhadap Keputusan Pembelian Sepeda Motor Yamaha. SEIKO : Journal of Management & Business, 7 (1). ISSN 2598-8301

[thumbnail of 1. File Judul_240207_20416261201203_Awan Kurniawan.pdf] Text
1. File Judul_240207_20416261201203_Awan Kurniawan.pdf

Download (465kB)
[thumbnail of 2. Daftar Isi_240207_20416261201203_Awan Kurniawan.pdf] Text
2. Daftar Isi_240207_20416261201203_Awan Kurniawan.pdf

Download (98kB)
[thumbnail of 3. Jurnal_240207_20416261201203_Awan Kurniawan.pdf] Text
3. Jurnal_240207_20416261201203_Awan Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (750kB)
[thumbnail of 4. Daftar Pustaka_240207_20416261201203_Awan Kurniawan.pdf] Text
4. Daftar Pustaka_240207_20416261201203_Awan Kurniawan.pdf

Download (166kB)
[thumbnail of 5. Lampiran_240207_20416261201203_Awan Kurniawan.pdf] Text
5. Lampiran_240207_20416261201203_Awan Kurniawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Keputusan pembelian adalah proses mental dan tindakan yang dilakukan oleh konsumen untuk memilih, membeli, serta menggunakan produk atau layanan tertentu. Terdapat pergeseran dalam preferensi konsumen terhadap satu merek ke merek lain, dan faktor-faktor yang mempengaruhinya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui, menganalisis, dan menjelaskan kualitas produk, citra merek dan keputusan pembelian serta pengaruh secara parsial maupun simultan. Dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode deskriptif dan verifikatif dilaksanakan selama enam bulan, dimulai dari bulan Februari hingga Juli 2023. Lokasi penelitian ini di UBP Karawang. Subjek penelitian ini adalah mahasiswa UBP Karawang dengan pembedaan yang menggunakan sepeda motor Yamaha atau pernah menggunakan sepeda motor Yamaha, teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah non probability sampling dengan metode purposive sampling. Untuk menentukan ukuran sampel pada populasi yang tidak diketahui dan diubah-ubah, perhitungan menggunakan rumus Lemeshow. Hasil Korelasi kualitas produk dengan citra merek sebesar (0,921) dengan derajat hubungan korelasi sempurna dan bentuk hubungan positif. Adapun nilai koefiensi kualitas produk 0,318 dan citra merek 0,624. Artinya kedua variabel tersebut memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap keputusan pembelian. Uji sebagian kualitas pyx1 produk nilai sig. (0,02) < α (0,05) dan thitung (3,142) > t tabel (2,006) maka Ho tolak. Sedangkan. pyx2 citra merek = nilai sig. (0,00) > α (0,05) dan t hitung (6,163) > ttabel (2,006) maka Ho tolak. Adapun uji simultan nilai F sebesar 27,6% dan signifikansi kurang dari 0,05.

Kata Kunci: Kualitas Produk; Citra Merek; Keputusan Pembelian

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:55
Last Modified: 07 Nov 2025 01:55
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5139

Actions (login required)

View Item
View Item