Pengaruh Celebrity Endorser dan daya tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian di UMKM Rimaadeeva Hijab Karawang Pada Media Sosial Instagram

Kharisma, Kharisma (2024) Pengaruh Celebrity Endorser dan daya tarik Iklan Terhadap Keputusan Pembelian di UMKM Rimaadeeva Hijab Karawang Pada Media Sosial Instagram. Al-Kharaj: Jurnal Ekonomi, Keuangan & Bisnis Syariah, 6 (9). ISSN 2656-4351

[thumbnail of 01 Judul_240188_20416261201374_Kharisma.pdf] Text
01 Judul_240188_20416261201374_Kharisma.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 02 Daftar Isi_240188_20416261201374_Kharisma.pdf] Text
02 Daftar Isi_240188_20416261201374_Kharisma.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 03 Artikel_240188_20416261201374_Kharisma.pdf] Text
03 Artikel_240188_20416261201374_Kharisma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (609kB)
[thumbnail of 04 Daftar Pustaka_240188_20416261201374_Kharisma.pdf] Text
04 Daftar Pustaka_240188_20416261201374_Kharisma.pdf

Download (214kB)
[thumbnail of 05 Lampiran_240188_20416261201374_Kharisma.pdf] Text
05 Lampiran_240188_20416261201374_Kharisma.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Perkembangan fashion muslim di Indonesia diprediksi akan menjadi pusat fashion muslim global, didukung oleh munculnya berbagai merek lokal seperti Rimaadeeva Hijab UMKM asal Karawang serta dukungan dari selebriti tanah air yang mulai berkontribusi pada bisnis busana muslim. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menginvestigasi serta menjelaskan dampak dari celebrity endorser dan daya tarik iklan terhadap keputusan pembelian di UMKM Rimaadeeva Hijab yang terletak di Karawang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kuantitatif. Teknik pemilihan sampel yang digunakan adalah non probability dengan jumlah sampel sebanyak 392 individu. Pengumpulan data dilakukan melalui penggunaan kuesioner tertutup. Analisis data dilakukan menggunakan Partial Least Square (PLS) dengan memanfaatkan aplikasi SmartPLS. Berdasarkan hasil analisis hipotesis, terbukti bahwa terdapat hubungan positif dan signifikan antara celebrity endorser dan daya tarik iklan terhadap keputusan pembelian. Implikasi dari hasil ini adalah penting bagi UMKM Rimaadeeva Hijab untuk mengadopsi strategi celebrity endorser serta meningkatkan daya tarik iklan, sehingga dapat meningkatkan keputusan pembelian konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

Kata Kunci: Celebrity, Daya Tarik Iklan, UMKM

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:52
Last Modified: 07 Nov 2025 01:52
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5120

Actions (login required)

View Item
View Item