Analisis Sentimen Gojek Indonesia Pada Twitter Menggunakan Algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine

Khoiruddin, Yusuf (2023) Analisis Sentimen Gojek Indonesia Pada Twitter Menggunakan Algoritma Naive Bayes dan Support Vector Machine. Progresif: Jurnal Ilmiah Komputer, 19 (1). ISSN 2685-0877

[thumbnail of 1. File_Judul_230025_19416255201152_Yusuf Khoiruddin.pdf] Text
1. File_Judul_230025_19416255201152_Yusuf Khoiruddin.pdf

Download (496kB)
[thumbnail of 2. Daftar Isi_230025_19416255201152_Yusuf Khoiruddin.pdf] Text
2. Daftar Isi_230025_19416255201152_Yusuf Khoiruddin.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of 3. Artikel Utama_230025_19416255201152_Yusuf Khoiruddin.pdf] Text
3. Artikel Utama_230025_19416255201152_Yusuf Khoiruddin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (524kB)
[thumbnail of 4. Lampiran_230025_19416255201152_Yusuf Khoiruddin.pdf] Text
4. Lampiran_230025_19416255201152_Yusuf Khoiruddin.pdf
Restricted to Registered users only

Download (404kB)

Abstract

Transportasi merupakan elemen penting dalam kehidupan sehari-hari dan berfungsi sebagai sarana untuk menghubungkan antar tempat. Layanan ojek online seperti Gojek telah merambah di seluruh wilayah, memungkinkan pengguna untuk memesan layanan transportasi seperti ojek, taksi, dan mobil secara online melalui aplikasi. Dengan banyaknya isi tweet pengguna twitter terkait dengan penggunaan aplikasi Gojek, oleh karena itu diperlukan analisis sentimen untuk mengetahui persepsi pengguna terhadap suatu topik atau peristiwa. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan analisis respons masyarakat terhadap transportasi online melalui data yang terkumpul dari tweet. Data tersebut kemudian diklasifikasikan ke dalam dua kelas sentimen yaitu positif dan negatif. Hasil klasifikasi menggunakan algoritme Naive Bayes menunjukkan akurasi sebesar 91%, sedangkan penggunaan algoritme SVM (Support Vector Machine) menghasilkan akurasi yang lebih tinggi, yaitu sebesar 99%. Hal ini mengindikasikan bahwa algoritme SVM lebih efektif dalam menghasilkan akurasi klasifikasi yang lebih tinggi dibandingkan dengan algoritme Naive Bayes.

Kata kunci: Analisis sentimen; Transportasi online; Naive bayes; Support Vector Machine

Item Type: Article
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 07 Nov 2025 01:36
Last Modified: 07 Nov 2025 01:36
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5069

Actions (login required)

View Item
View Item