Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Telukjambe Barat

Septiyan, Dwi (2023) Pengaruh Efikasi Diri Terhadap Prokrastinasi Akademik Pada Siswa Kelas XI SMAN 1 Telukjambe Barat. Jurnal Psikologi Prima, 6 (2). ISSN 2598-8026

[thumbnail of 1. COVER_230022_19416273201100_Dwi Septiyan.pdf] Text
1. COVER_230022_19416273201100_Dwi Septiyan.pdf

Download (612kB)
[thumbnail of 2. DAFTAR ISI_230022_19416273201100_Dwi Septiyan.pdf] Text
2. DAFTAR ISI_230022_19416273201100_Dwi Septiyan.pdf

Download (416kB)
[thumbnail of 3. JURNAL_230022_19416273201100_Dwi Septiyan.pdf] Text
3. JURNAL_230022_19416273201100_Dwi Septiyan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (400kB)
[thumbnail of 4. LAMPIRAN_230022_19416273201100_Dwi Septiyan.pdf] Text
4. LAMPIRAN_230022_19416273201100_Dwi Septiyan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Sekolah adalah tempat dimana siswa dapat belajar. Siswa menerima banyak tugas, terutama yang berkaitan dengan mata pelajaran mereka. Guru memberikan tugas kepada siswa dengan tujuan mengajarkan mereka untuk memanfaatkan waktu luangnya dalam memahami serta berkewajiban untuk menyusun tugas yang telah diberikan. Namun, dalam pelaksanaannya masih terdapat masalah yang berkaitan dengan tugas yang diberikan oleh guru. Salah satunya adalah prokrastinasi akademik. Prokrastinasi akademik memiliki beberapa faktor, salah satunya adalah efikasi diri siswa yang rendah. Oleh karena itu, tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh antara efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik pada siswa kelas XI SMAN 1 Telukjambe Barat. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif. Dalam penelitian ini pengumpulan data menggunakan skala efikasi diri yang mengacu pada teori Bandura sedangkan prokrastinasi akademik mengacu pada teori Ferarri. Penelitian ini melibatkan 132 siswa sebagai sampel penelitian, yang dipilih dari total populasi siswa yaitu berjumlah 196 siswa dengan menggunakan purposive sampling. Hasil dari analisis regresi linear sederhana didapatkan nilai sig. yaitu 0,000 < 0,05 (p < 0,05) yang berarti terdapat pengaruh efikasi diri terhadap prokrastinasi akademik dan dilihat dari nilai thitung memiliki nilai -5.132 artinya jika efikasi diri siswa rendah maka prokrastinasi akademik pada siswa tersebut akan tinggi, selain itu berdasarkan hasil perhitungan koefisiensi determinasi didapatkan hasil besarnya pengaruh variabel efikasi diri terhadap variabel prokrastinasi akademik sebesar 16,4%, sedangkan sisanya sebesar 83,6% dipengaruhi oleh variabel-variabel lain.

Kata kunci : Efikasi Diri, Prokrastinasi Akademik, Siswa.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 06 Nov 2025 08:49
Last Modified: 06 Nov 2025 08:49
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/5039

Actions (login required)

View Item
View Item