Mulyani, Sri (2024) Analisis Pendapatan UMKM Seblak Bandung Slowdown Sebelum dan Sesudah Menggunakan Digital Payment di Kabupaten Karawang. COSTING : Journal of Economic, Bussines and Accounting, 7 (3). ISSN 2597-5234
01 Judul_230186_19416261201036_Sri Mulyani.pdf
Download (498kB)
02 Daftar Isi_230186_19416261201036_Sri Mulyani.pdf
Download (44kB)
03 Artikel_230186_19416261201036_Sri Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (463kB)
04 Daftar Pustaka_230186_19416261201036_Sri Mulyani.pdf
Download (155kB)
05 Lampiran_230186_19416261201036_Sri Mulyani.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan UMKM sebelum dan sesudah menggunakan pembayaran digital. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode analisis triangulasi. Data yang digunakan dalam penelitian ini adalah data primer yang diperoleh langsung dari pemilik usaha seblak Bandung Slowdown melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. sedangkan untuk data sekunder diperoleh dari buku, jurnal, studi literasi, website dan media lainnya. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa pendapatan UMKM seblak sebelum menggunakan pembayaran digital sering menghadapi tantangan dari segi efisiensi transaksi dan aksesibilitas pelanggan, hal ini menjadi kendala dalam meningkatkan pendapatan UMKM. Pendapatan UMKM di Seblak Bandung yang mengalami perlambatan setelah menggunakan pembayaran digital mengalami peningkatan. Karena sudah banyak konsumen yang menggunakan pembayaran digital, pembayaran digital juga mempercepat proses pembayaran dan mengurangi waktu antrian. Kecepatan transaksi ini menciptakan peluang untuk meningkatkan volume transaksi dan frekuensi pembelian, yang secara langsung berkontribusi pada pendapatan yang lebih tinggi. Dengan menggunakan alat pembayaran digital, UMKM Seblak Bandung Slowdown berhasil mengatasi masalah efisiensi transaksi dan aksesibilitas pelanggan. Proses pembayaran yang lebih cepat dan akurat mengurangi hambatan antrean dan memberikan pengalaman berbelanja yang lebih nyaman bagi konsumen. Hal ini mendorong peningkatan frekuensi transaksi, menciptakan loyalitas pelanggan, dan menghasilkan rekomendasi, sehingga UMKM tersebut mampu mengoptimalkan pertumbuhan bisnisnya di pasar yang kompetitif.
Kata Kunci: Pendapatan, Pembayaran Digital, UMKM
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 08:37 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 08:37 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4987 |
