Peran Kepercayaan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Electronic di Shopee

Wadiyastuti, Septiana (2024) Peran Kepercayaan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Electronic di Shopee. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5 (2). ISSN 2715-792X

[thumbnail of 01 Judul_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf] Text
01 Judul_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf

Download (415kB)
[thumbnail of 02 Daftar Isi_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf] Text
02 Daftar Isi_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf

Download (94kB)
[thumbnail of 03 Artikel_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf] Text
03 Artikel_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (816kB)
[thumbnail of 04 Daftar Pustaka_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf] Text
04 Daftar Pustaka_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf

Download (227kB)
[thumbnail of 05 lampiran_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf] Text
05 lampiran_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Studi ini ditujukan untuk menguji pengaruh e-wom (electronic word of mouth) dan kepercayaan pelanggan terhadap keputusan pembelian produk barang elektronik di Shopee, serta untuk mengetahui apakah kepercayaan pelanggan memediasi hubungan antara E-wom dan keputusan pembelian. Studi ini juga diperuntukkan dalam memberi pemahaman yang semakin baik terkait sejumlah faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen, khususnya dalam konteks pembelian barang elektronik di Shopee di kalangan mahasiswa. Studi ini memakai metode penelitian deskriptif verifikatif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang yang menggunakan teknik random sampling yang menggunakan teknik pemilihan acak langsung pengguna Shopee. Analisis ini menggunakan metode path analisys. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya (electronic word of mouth) E-wom memberikan pengaruh positif serta signifikan terhadap kepercayaan pelanggan, namun tidak punya pengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian. Kepercayaan pelanggan juga punya pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Variabel E- wom memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian dengan perantara kepercayaan pelanggan yang menjadi variabel mediasi. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan peran kepercayaan pelanggan dalam mempengaruhi keputusan pembelian, terutama dalam konteks transaksi teknologi.

Kata Kunci : e-wom, kepercayaan pelanggan, keputusan pembelian

Item Type: Article
Subjects: H Social Sciences > HG Finance
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 06 Nov 2025 08:36
Last Modified: 06 Nov 2025 08:36
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4983

Actions (login required)

View Item
View Item