Wadiyastuti, Septiana (2024) Peran Kepercayaan Pelanggan Dalam Memediasi Pengaruh E-Wom Terhadap Keputusan Pembelian Electronic di Shopee. Management Studies and Entrepreneurship Journal (MSEJ), 5 (2). ISSN 2715-792X
01 Judul_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf
Download (415kB)
02 Daftar Isi_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf
Download (94kB)
03 Artikel_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (816kB)
04 Daftar Pustaka_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf
Download (227kB)
05 lampiran_240052_20416261201221_Septiana Wadiyastuti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Studi ini ditujukan untuk menguji pengaruh e-wom (electronic word of mouth) dan kepercayaan pelanggan terhadap keputusan pembelian produk barang elektronik di Shopee, serta untuk mengetahui apakah kepercayaan pelanggan memediasi hubungan antara E-wom dan keputusan pembelian. Studi ini juga diperuntukkan dalam memberi pemahaman yang semakin baik terkait sejumlah faktor yang memengaruhi keputusan pembelian konsumen, khususnya dalam konteks pembelian barang elektronik di Shopee di kalangan mahasiswa. Studi ini memakai metode penelitian deskriptif verifikatif yang menggunakan pendekatan kuantitatif. Sampel yang digunakan sebanyak 96 orang yang menggunakan teknik random sampling yang menggunakan teknik pemilihan acak langsung pengguna Shopee. Analisis ini menggunakan metode path analisys. Hasil penelitian memperlihatkan bahwasanya (electronic word of mouth) E-wom memberikan pengaruh positif serta signifikan terhadap kepercayaan pelanggan, namun tidak punya pengaruh positif serta signifikan terhadap keputusan pembelian. Kepercayaan pelanggan juga punya pengaruh secara positif dan signifikan terhadap keputusan pembelian.Variabel E- wom memiliki pengaruh tidak langsung terhadap keputusan pembelian dengan perantara kepercayaan pelanggan yang menjadi variabel mediasi. Oleh karena itu, penting untuk memperhatikan peran kepercayaan pelanggan dalam mempengaruhi keputusan pembelian, terutama dalam konteks transaksi teknologi.
Kata Kunci : e-wom, kepercayaan pelanggan, keputusan pembelian
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | H Social Sciences > HG Finance |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Management |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 06 Nov 2025 08:36 |
| Last Modified: | 06 Nov 2025 08:36 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4983 |
