Analisis Siswa Pendiam Ditinjau Dari Komunikasi Verbal Pada Proses Pembelajaran

Zakia, Riva Irwan Siti Analisis Siswa Pendiam Ditinjau Dari Komunikasi Verbal Pada Proses Pembelajaran. Journal of Education Research. ISSN 2746-0738

[thumbnail of 1. JUDUL_240016_18416286206141_Riva Irwan Siti Zakia.pdf] Text
1. JUDUL_240016_18416286206141_Riva Irwan Siti Zakia.pdf

Download (686kB)
[thumbnail of 2. DAFTAR ISI_240016_18416286206141_Riva Irwan Siti Zakia.pdf] Text
2. DAFTAR ISI_240016_18416286206141_Riva Irwan Siti Zakia.pdf

Download (382kB)
[thumbnail of 3. ARTIKEL_240016_18416286206141_Riva Irwan Siti Zakia.pdf] Text
3. ARTIKEL_240016_18416286206141_Riva Irwan Siti Zakia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (684kB)
[thumbnail of 4. LAMPIRAN_240016_18416286206141_Riva Irwan Siti Zakia.pdf] Text
4. LAMPIRAN_240016_18416286206141_Riva Irwan Siti Zakia.pdf
Restricted to Registered users only

Download (758kB)

Abstract

Melalui komunikasi yang baik anak dapat menyampaikan segala pemikirannya kepada orang lain, baik secara lisan ataupun tulisan. Keterampilan komunikasi yang baik, yaitu dimana bahasa lisan dan tulisan anak dapat dengan mudah dipahami oleh orang lain. Kemampuan bahasa dalam komunikasi yang mencakup kemampuan mendengar, membaca, menulis dan bercakap-cakap. Komunikasi verbal adalah segala bentuk komunikasi yang menggunakan kata-kata, baik tertulis maupun lisan. Jenis komunikasi ini adalah yang paling banyak digunakan dalam hubungan antarbudaya. Tujuan utama pada penelitian ini adalah mendeskripsikan siswa pendiam yang ditinjau dari komunikasi verbal pada pembelajaran. Jenis penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu mendeskripsikan Siswa pendiam ditinjau dari komunikasi verbal pada proses pembelajaran siswa kelas 3 di SDN Cicinde Selatan 1 Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas 3 yang berjumlah 2 siswa, 1 guru dan 1 walimurid. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah 1). Wawancara, peneliti mendengarkan apa yang telah dikemukakan oleh siswa, dan guru, mengenai proses komunikasi verbal pada siswa pendiam, 2). Observasi peneliti mengamati yang telah dilihat, didengar tentang apa yang dikerjakan dan disampaikan oleh siswa dan guru, 3). Dokumentasi dengan cara mengumpulkan data hasil wawancara siswa dan guru 4). triangulasi, peneliti menggunakan teknik pengumpulan data yang berbeda-beda untuk mendapatkan data dari sumber yang sama peneliti menggunakan observasi partisipatif, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk sumber data yang sama secara serempak. Hasil penelitian dapat dikemukakan sesuai dengan fokus penelitian yang meliputi analisis siswa pendiam yang ditinjau dari komunikasi verbal pada proses pembelajaran. Tujuan utama pada penelitian ini adalah mendeskripsikan siswa pendiam yang ditinjau dari komunikasi verbal pada pembelajaran.

Kata Kunci: Siswa Pendiam,Komunikasi Verbal, Pembelajaran

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 06 Nov 2025 08:24
Last Modified: 06 Nov 2025 08:24
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4943

Actions (login required)

View Item
View Item