Klasterisasi Sekolah Menggunakan Algoritma K-Means dan K-Medoids Berdasarkan Fasilitas, Pendidik, dan Tenaga Pendidik

Nillah, Ridwan (2024) Klasterisasi Sekolah Menggunakan Algoritma K-Means dan K-Medoids Berdasarkan Fasilitas, Pendidik, dan Tenaga Pendidik. Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf] Text
1. File Judul_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf

Download (456kB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf] Text
2. File Abstrak_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf

Download (368kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf] Text
3. Daftar Isi_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf

Download (561kB)
[thumbnail of 4. BAB I_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf] Text
4. BAB I_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf

Download (316kB)
[thumbnail of 5. BAB II_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf] Text
5. BAB II_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (344kB)
[thumbnail of 6. BAB III_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf] Text
6. BAB III_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf

Download (651kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf] Text
7. BAB IV_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 8. BAB V_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf] Text
8. BAB V_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf

Download (288kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf

Download (286kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf] Text
10. Lampiran_240024_17416255201176_Ridwan Nillah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Kualitas pendidikan dipengaruhi oleh fasilitas, pendidik, dan tenaga pendidik, yang merupakan indikator penting dalam pencapaian pembelajaran di sekolah. Penelitian ini bertujuan membantu pemerintah Kabupaten Karawang dalam mengelompokkan sekolah untuk distribusi kebutuhan yang lebih merata menggunakan algoritma K-Means dan K-Medoids dengan dua klaster. Hasil analisis menunjukkan bahwa K-Means membagi sekolah menjadi 32 sekolah di klaster 1 dan 140 sekolah di klaster 2, sementara K-Medoids membagi menjadi 85 sekolah di klaster 1 dan 87 sekolah di klaster 2. Nilai Davies-Bouldin Index adalah -0,648 untuk K-Means dan -3,027 untuk K-Medoids. Dari analisis, 140 sekolah termasuk dalam klaster kurang menurut K-Means, dan 87 sekolah menurut K-Medoids, sehingga disarankan agar dinas pendidikan memberikan perhatian khusus untuk sekolah-sekolah dalam klaster kurang ini.

Kata kunci: Data Mining, K-Means, K-Medoids, Klasterisasi

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Divisions: Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 29 Oct 2025 03:37
Last Modified: 29 Oct 2025 03:37
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4825

Actions (login required)

View Item
View Item