Sofhianti, Erlita (2024) Analisis Sentimen Twitter Terhadap Insiden Kebocoran Data Tokopedia Menggunakan Algoritma K-Nearest Neighbor. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. FILE JUDUL_240017_19416255201205_Erlita Sofhianti.pdf
Download (424kB)
2. FILE ABSTRAK_240017_19416255201205_Erlita Sofhianti.pdf
Download (15kB)
3. DAFTAR ISI_240017_19416255201205_Erlita Sofhianti.pdf
Download (216kB)
4. BAB_I_240017_19416255201205_Erlita Sofhianti.pdf
Download (212kB)
5. BAB_II_240017_19416255201205_Erlita Sofhianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (728kB)
6. BAB_III_240017_19416255201205_Erlita Sofhianti.pdf
Download (222kB)
7. BAB_IV_240017_19416255201205_Erlita Sofhianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (4MB)
8. BAB_V_240017_19416255201205_Erlita Sofhianti.pdf
Download (15kB)
9. DAFTAR PUSTAKA_240017_19416255201205_Erlita Sofhianti.pdf
Download (139kB)
10. LAMPIRAN_240017_19416255201205_Erlita Sofhianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
11. ARTIKEL_240017_19416255201205_Erlita Sofhianti.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Tokopedia sebagai salah satu platform e-commerce terkemuka di Indonesia, telah memainkan peran utama dalam perkembangan perdagangan online di Indonesia. Pada tahun 2020, Indonesia dikejutkan oleh berita kebocoran data yang terjadi pada Tokopedia. Insiden ini memicu banyak komentar dari masyarakat khususnya para pengguna Tokopedia melalui Twitter. Twitter telah menjadi salah satu platform media sosial yang paling efektif dalam menyebarkan informasi dengan cepat. Dari banyaknya komentar publik tersebut yang sulit untuk dianalisis secara manual guna menentukan sentimennya, maka dilakukan analisis sentimen menggunakan algoritma K-Nearest Neighbor pada komentar pengguna Twitter terkait insiden kebocoran data Tokopedia. Sebanyak 1178 data tweet digunakan, dengan pembagian 80% untuk data pelatihan dan 20% untuk data pengujian. Hasil evaluasi menggunakan Confusion Matrix menunjukkan tingkat akurasi sebesar 84% dengan nilai K-6. Bisa disimpulkan bahwa algoritma K-Nearest Neighbor sangat efektif dalam melakukan klasifikasi sentimen.
Kata Kunci: Analisis Sentimen, Tokopedia, Twitter, K-Nearest Neighbor.
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:35 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:35 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4819 |
