Firdaus, Muhammad Nizhan (2024) Pemanfaatan Augmented Reality Sebagai Media Pengenalan Kampus Dengan Algoritma Fast (Studi Kasus: Universitas Buana Perjuangan Karawang). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240014_20416255201158_Muhammad Nizhan Firdaus.pdf
Download (360kB)
2. File Abstrak_240014_20416255201158_Muhammad Nizhan Firdaus.pdf
Download (21kB)
3. Daftar Isi_240014_20416255201158_Muhammad Nizhan Firdaus.pdf
Download (21kB)
4. BAB_I_240014_20416255201158_Muhammad Nizhan Firdaus.pdf
Download (28kB)
5. BAB_II_240014_20416255201158_Muhammad Nizhan Firdaus.pdf
Restricted to Registered users only
Download (476kB)
6. BAB_III_240014_20416255201158_Muhammad Nizhan Firdaus.pdf
Download (475kB)
7. BAB_IV_240014_20416255201158_Muhammad Nizhan Firdaus.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
8. BAB_V_240014_20416255201158_Muhammad Nizhan Firdaus.pdf
Download (17kB)
9. Daftar Pustaka_240014_20416255201158_Muhammad Nizhan Firdaus.pdf
Download (262kB)
10. Lampiran_240014_20416255201158_Muhammad Nizhan Firdaus.pdf
Restricted to Registered users only
Download (165kB)
11. Artikel_240014_20416255201158_Muhammad Nizhan Firdaus.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Universitas Buana Perjuangan Karawang adalah institusi pendidikan tinggi swasta yang terletak di Karawang, dengan 12 program studi dan 7 fakultas. Kampus ini terus mempromosikan dirinya untuk menarik minat calon mahasiswa baru. Salah satu metode promosi yang digunakan saat ini adalah media cetak seperti brosur dan pamflet. Namun, media cetak ini dianggap kurang menarik dan kurang informatif karena terbatasnya informasi yang bisa disajikan. diera teknologi ini banyak bentuk promosi yang dapat digunakan salah satunya Teknologi Augmented Reality (AR) menggabungkan dunia maya dan dunia nyata menggunakan komputer. Teknologi AR digunakan sebagai media pengenalan dan promosi untuk menarik mahasiswa baru ke Universitas Buana Perjuangan Karawang. AR berjalan dengan komponen seperti kamera (input), layar monitor (output), objek marker (tracker), dan komputer (programmer). AR menggunakan berbagai objek sebagai marker untuk menampilkan objek 3D, seperti ilustrasi hitam putih (Marker Base Tracking) dan objek 3D atau gambar dengan deteksi tepi, sudut, dan tekstur (Markerless). Media pengenalan serta promosi ini dibangun dengan algoritma Fast Corner Detection dan MDLC (Multimedia Development Life Cycle) untuk pengembangan perangkat lunak multimedia serta banyak digunakan dalam berbagai aplikasi pemrosesan citra dan computer vision. Algoritma ini unggul dalam kecepatan tinggi dan efisiensi komputasi, mampu mendeteksi sudut dengan cepat, ideal untuk aplikasi real-time, dan menggunakan sumber daya minimal, cocok untuk perangkat dengan keterbatasan daya dan memori. Hasil menunjukkan jarak terbaik untuk mendeteksi marker adalah antara 10 cm hingga 1 meter, dengan sudut 0 hingga 90 derajat. Pengujian algoritma Fast menghasilkan akurasi 60% dalam jarak tersebut dan dari beberapa rating pengujian. Adapun pengujian dari metode lain seperti pengujian sudut, pengujian cahaya, gangguan marker dapat menghasilkan hasil yang terbaik.
Kata Kunci: Augmented Reality, UBP Karawang, Algorima Fast
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > T Technology (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Electronics and Computer Science |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:35 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:35 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4816 |
