Fahrezi, Yogi Hendrawan (2024) Analisis Faktor Risiko Terhadinya Kecelakaan Kerja Dengan Menggunakan Hiradc Pada Instalasi Aksesoris Mobil (Studi Kasus: Perusahaan Otomotif Karawang). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240047_20416226201268_Yogi Hendrawan Fahrezi.pdf
Download (688kB)
2. File Abstrak_240047_20416226201268_Yogi Hendrawan Fahrezi.pdf
Download (37kB)
3. Daftar Isi_240047_20416226201268_Yogi Hendrawan Fahrezi.pdf
Download (422kB)
4. BAB_I_240047_20416226201268_Yogi Hendrawan Fahrezi.pdf
Download (48kB)
5. BAB_II_240047_20416226201268_Yogi Hendrawan Fahrezi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (589kB)
6. BAB_III_240047_20416226201268_Yogi Hendrawan Fahrezi.pdf
Download (551kB)
7. BAB_IV_240047_20416226201268_Yogi Hendrawan Fahrezi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
8. BAB_V_240047_20416226201268_Yogi Hendrawan Fahrezi.pdf
Download (40kB)
9. Daftar Pustaka_240047_20416226201268_Yogi Hendrawan Fahrezi.pdf
Download (261kB)
10. Lampiran_240047_20416226201268_Yogi Hendrawan Fahrezi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (848kB)
11. Artikel_240047_20416226201268_Yogi Hendrawan Fahrezi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (910kB)
Abstract
Dalam era industri otomotif yang terus berkembang, keselamatan kerja menjadi salah satu prioritas utama dalam rangka menjaga kesejahteraan karyawan serta meningkatkan efisiensi operasional. Perusahaan otomotif dihadapkan pada tantangan signifikan dalam mengelola risiko yang timbul dari berbagai aktivitas produksi yang melibatkan kendaraan, peralatan berat, dan bahan berbahaya. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi sumber bahaya, menilai tingkat risiko, serta mengevaluasi efektivitas pengendalian risiko di sebuah perusahaan otomotif yang berlokasi di Karawang, dengan menggunakan metode Hazard Identification, Risk Assessment, and Determining Control (HIRADC). Data dikumpulkan melalui observasi langsung dan pencatatan insiden terkait potensi bahaya, seperti tabrakan, jatuhnya komponen, serta paparan bahan berbahaya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa 50% dari total pos pekerjaan memiliki risiko ekstrem, 25% dikategorikan sebagai risiko tinggi, dan 25% sisanya termasuk dalam kategori risiko sedang. Namun, setelah penerapan langkah-langkah pengendalian, seperti prosedur keselamatan tambahan dan penggunaan alat pelindung diri (APD), terdapat penurunan signifikan dalam tingkat risiko. Penelitian ini menekankan pentingnya penerapan pengendalian risiko yang efektif, pelatihan berkelanjutan, serta evaluasi berkala dalam upaya meningkatkan keselamatan di lingkungan industri otomotif.
Kata Kunci: Alat Pelindung Diri, Evaluasi Risiko, Keselamatan Kerja, Risiko Industri Otomotif, HIRADC, Pengendalian Risiko
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General) |
| Divisions: | Faculty of Engineering, Science and Mathematics > School of Engineering Sciences |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 29 Oct 2025 03:18 |
| Last Modified: | 29 Oct 2025 03:18 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4761 |
