Perkasa, Dimas Hamzah (2024) Pengaruh Kecanduan Game Online Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas 12 SMK Pratama Mulya Karawang. Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240051_20416273201019_Dimas Hamzah Perkasa.pdf
Download (242kB)
2. File Abstrak_240051_20416273201019_Dimas Hamzah Perkasa.pdf
Download (218kB)
3. Daftar Isi_240051_20416273201019_Dimas Hamzah Perkasa.pdf
Download (353kB)
4. BAB_I_240051_20416273201019_Dimas Hamzah Perkasa.pdf
Download (357kB)
5. BAB_II_240051_20416273201019_Dimas Hamzah Perkasa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (281kB)
6. BAB_III_240051_20416273201019_Dimas Hamzah Perkasa.pdf
Download (884kB)
7. BAB_IV_240051_20416273201019_Dimas Hamzah Perkasa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (616kB)
8. BAB_V_240051_20416273201019_Dimas Hamzah Perkasa.pdf
Download (215kB)
10. Lampiran_240051_20416273201019_Dimas Hamzah Perkasa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
11. Artikel_240051_20416273201019_Dimas Hamzah Perkasa.pdf
Restricted to Registered users only
Download (298kB)
9. Daftar Pustaka_240051_20416273201019_Dimas Hamzah Perkasa.pdf
Download (457kB)
Abstract
Motivasi belajar merupakan aspek terpenting dalam dunia Pendidikan, motivasi belajar diartikan sebagai suatu dorongan baik dalam diri siswa maupun dari luar diri untuk menciptakan suatu usaha yang mengarah pada kegiatan. Motivasi belajar menimbulkan semangat yang mendorong individu merasa senang ketika melakukan aktivitas belajar sehingga motivasi belajar menjadi penentu hasil yang akan dicapai. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh kecanduan game online terhadap motivasi belajar siswa kelas 12 SMK Pratama Mulya Karawang. Populasi dalam penelitian ini sebanyak 320 populasi dengan sampel yang diambil sebanyak 104 sampel mengguanakan pendekatan kuantitatif dengan desain penelitian kausal-komparatif. Metode pengambilan sampel yang digunakan adalah nonprobalility sampling dengan menggunakan teknik quota sampling, instrumen penelitian ini menggunakan alat ukur psikologi adopsi skala baku kecanduan game online (GAS) dari Lemmens, dkk., (2009) meliputi aspek Salience, tolerance, mood modification, withdrawal, relapse, conflict, problems dan adopsi skala baku motivasi belajar (MSLQ) dari Pintrich P.R. (1991) meliputi aspek Intrinsic Goal Orientation, aspek extrinsic goal motivation, aspek task value, aspek control of learning beliefs, aspek self-efficacy for learning dan aspek test anxiety.Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah analisis regresi sederhana. Hasil penelitian menunjukan nilai signifikansi dari variabel resiliensi bernilai 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan H0 ditolak, yang artinya ada pengaruh kecanduan game online terhadap Motivasi belajar siswa kelas 12 SMK Pratama Mulya Karawang. Hasil uji determinasi dapat diketahui nilai R Square bernilai 0,502, maka dapat disimpulkan pengaruh kecanduan game online sebesar 0,502 atau 50,2% terhadap motivasi belajar, selebihnya 49,8% dipengaruhi oleh variabel lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Kata Kunci : Kecanduan Game Online, Motivasi Belajar
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 27 Oct 2025 02:54 |
| Last Modified: | 27 Oct 2025 02:54 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4702 |
