Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Bangun Ruang (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Karang Setia 03 Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2023/2024)

Azizah, Aprillia Nurul (2024) Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Bangun Ruang (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Karang Setia 03 Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.

[thumbnail of 1. File Judul_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf] Text
1. File Judul_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of 2. File Abstrak_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf] Text
2. File Abstrak_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf

Download (217kB)
[thumbnail of 3. Daftar Isi_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf] Text
3. Daftar Isi_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf

Download (40kB)
[thumbnail of 4. BAB I_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf] Text
4. BAB I_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf

Download (143kB)
[thumbnail of 5. BAB II_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf] Text
5. BAB II_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (385kB)
[thumbnail of 6. BAB III_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf] Text
6. BAB III_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf

Download (244kB)
[thumbnail of 7. BAB IV_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf] Text
7. BAB IV_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (550kB)
[thumbnail of 8. BAB V_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf] Text
8. BAB V_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf

Download (137kB)
[thumbnail of 9. Daftar Pustaka_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf] Text
9. Daftar Pustaka_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf

Download (243kB)
[thumbnail of 10. Lampiran_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf] Text
10. Lampiran_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)
[thumbnail of 11. Artikel_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf] Text
11. Artikel_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (776kB)

Abstract

Masalah umum dalam pembelajaran matematika adalah kesulitan siswa dalam memahami soal matematika yang lebih menekankan pada pemahaman konsep terutama pada materi bangun ruang. Kurangnya menggunakan media pembelajaran yang bervariatif sehingga siswa mudah jenuh dan membosankan. Lalu kegiatan pembelajaran di dalam kelas Sebagian besar guru dengan metode ceramah dan media yang berbentuk cetak, Dimana siswa hanya duduk, mencatat dan mendengarkan apa yang disampaikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran adalah dengan menerapkan strategi, metode, atau model pembelajaran yang tepat yang dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa. Model pembelajaran Augmented Reality adalah salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi hal ini. Saat ini, kemajuan dalam pembelajaran media harus diikuti oleh kemajuan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian pre eksperimental tipe satu kelompok pretest-posttest. hasil uji Wilcoxon menunjukkan Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan dalam pemahaman konsep bangun ruang sebelum dan setelah menggunakan media Augmented Reality.

Kata kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Bangun Ruang, Media Augmented Reality

Item Type: Thesis (Diploma)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 22 Oct 2025 07:19
Last Modified: 22 Oct 2025 07:19
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4586

Actions (login required)

View Item
View Item