Azizah, Aprillia Nurul (2024) Pengaruh Media Augmented Reality Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Pada Bangun Ruang (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDN Karang Setia 03 Kecamatan Karang Bahagia Kabupaten Bekasi Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Download (4MB)
2. File Abstrak_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Download (217kB)
3. Daftar Isi_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Download (40kB)
4. BAB I_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Download (143kB)
5. BAB II_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (385kB)
6. BAB III_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Download (244kB)
7. BAB IV_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (550kB)
8. BAB V_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Download (137kB)
9. Daftar Pustaka_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Download (243kB)
10. Lampiran_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (2MB)
11. Artikel_240061_20416286206019_Aprillia Nurul Azizah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (776kB)
Abstract
Masalah umum dalam pembelajaran matematika adalah kesulitan siswa dalam memahami soal matematika yang lebih menekankan pada pemahaman konsep terutama pada materi bangun ruang. Kurangnya menggunakan media pembelajaran yang bervariatif sehingga siswa mudah jenuh dan membosankan. Lalu kegiatan pembelajaran di dalam kelas Sebagian besar guru dengan metode ceramah dan media yang berbentuk cetak, Dimana siswa hanya duduk, mencatat dan mendengarkan apa yang disampaikan. Salah satu upaya untuk meningkatkan proses pembelajaran adalah dengan menerapkan strategi, metode, atau model pembelajaran yang tepat yang dapat meningkatkan pemahaman matematis siswa. Model pembelajaran Augmented Reality adalah salah satu model pembelajaran yang dapat mengatasi hal ini. Saat ini, kemajuan dalam pembelajaran media harus diikuti oleh kemajuan teknologi. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen dan desain penelitian pre eksperimental tipe satu kelompok pretest-posttest. hasil uji Wilcoxon menunjukkan Sig.(2-tailed) 0,000 < 0,05 sehingga Ho ditolak dan Ha diterima. Hal ini menunjukkan bahwa ada perbedaan signifikan dalam pemahaman konsep bangun ruang sebelum dan setelah menggunakan media Augmented Reality.
Kata kunci : Kemampuan Pemahaman Konsep, Bangun Ruang, Media Augmented Reality
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:19 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:19 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4586 |
