Amelia, Meilani (2024) Pengaruh Penggunaan Game Edukasi Wordwall Tipe Open The Box Terhadap Hasil Belajar Kognitif IPAS di Sekolah Dasar (Studi Pre-Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Palumbonsari I Tahun Ajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240042_20416286206083_Meilani Amelia.pdf
Download (305kB)
2. File Abstrak_240042_20416286206083_Meilani Amelia.pdf
Download (52kB)
3. Daftar Isi_240042_20416286206083_Meilani Amelia.pdf
Download (67kB)
4. BAB_I_240042_20416286206083_Meilani Amelia.pdf
Download (181kB)
5. BAB_II_240042_20416286206083_Meilani Amelia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (457kB)
6. BAB_III_240042_20416286206083_Meilani Amelia.pdf
Download (480kB)
7. BAB_IV_240042_20416286206083_Meilani Amelia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (311kB)
8. BAB_V_240042_20416286206083_Meilani Amelia.pdf
Download (43kB)
9. Daftar Pustaka_240042_20416286206083_Meilani Amelia.pdf
Download (192kB)
10. Lampiran_240042_20416286206083_Meilani Amelia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
11. Artikel_240042_20416286206083_Meilani Amelia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh penggunaan game edukasi Wordwall tipe open the box terhadap hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV SDN Palumbonsari 1 Kecamatan Karawang Timur Kabupaten Karawang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif jenis pre- eksperimen dengan desain tipe one grup pretest posttest. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa/I kelas IV SDN Palumbonsari 1 yang berjumlah 135 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan purposive sampling sehingga sampel yang digunakan adalah kelas IV A yang berjumlah 48 siswa/I. Teknik pengumpulan data menggunakan tes berupa pilihan ganda sebelum dan sesudah diberikan perlakuan. Kemudian dilakukan uji kelayakan instrumen dengan uji validitas, reliabilitas, tingkat kesukaran dan daya pembeda. Hasil dari uji validitas diperoleh
20 butir instrumen yang dinyatakan valid dari 30 butir instrumen yang diujicobakan. Hasil dari uji reliabilitas diperoleh r11 0,73. Teknik analisis data menggunakan statistika deskriptif dan statistika inferensial. Pada uji hipotesis menggunakan uji paired sample t-test dengan program SPSS versi 29.0.2.0 for windows yang diperoleh nilai Sig (2-tailed) yaitu 0,001 < 0,05 artinya H0 ditolak dan H1 diterima. Sehingga dari hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh penggunaan game edukasi Wordwall tipe open the box terhadap hasil belajar kognitif IPAS siswa kelas IV SDN Palumbonsari 1.
Kata Kunci: Game Edukasi Wordwall Tipe Open the Box, Hasil Belajar Kognitif IPAS
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:17 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:17 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4566 |
