Amelia, Salsabila Dwi (2024) Dampak Penggunaan Gadget Pada Perilaku Sosial Siswa di SDN Mulyajaya II (Deskriptif Kualitatif Pada Siswa Kelas III di SDN Mulyajaya II Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240039_20416286206060_Salsabila Dwi Amelia.pdf
Download (877kB)
2. File Abstrak_240039_20416286206060_Salsabila Dwi Amelia.pdf
Download (138kB)
3. Daftar Isi_240039_20416286206060_Salsabila Dwi Amelia.pdf
Download (134kB)
4. BAB_I_240039_20416286206060_Salsabila Dwi Amelia.pdf
Download (175kB)
5. BAB_II_240039_20416286206060_Salsabila Dwi Amelia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (213kB)
6. BAB_III_240039_20416286206060_Salsabila Dwi Amelia.pdf
Download (175kB)
7. BAB_IV_240039_20416286206060_Salsabila Dwi Amelia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (369kB)
8. BAB_V_240039_20416286206060_Salsabila Dwi Amelia.pdf
Download (136kB)
9. Daftar Pustaka_240039_20416286206060_Salsabila Dwi Amelia.pdf
Download (243kB)
10. Lampiran_240039_20416286206060_Salsabila Dwi Amelia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
11. Artikel_240039_20416286206060_Salsabila Dwi Amelia.pdf
Restricted to Registered users only
Download (713kB)
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dampak penggunaan gadget pada perilaku sosial siswa di SDN Mulyajaya II. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara, angket dan dokumentasi. Data yang diperoleh dalam penelitian ini dianalisis dengan menggunakan analisis deskriptif kualitatif Teknik pengambilan sampel yang digunakan dalam penelitian. Secara teoritis penelitian ini diharapkan dapat menambah Serta menambah reverensi masyarakat dalam memahami permasalahan pembelajaran dan pengetahuan lebih dalam mengenai penggunaan gadget pada anak-anak dengan pengawasan orang tua dan juga menambah ilmu dan pengetahuan. Hasil penelitian menunjukan bahwa 1) Pola penggunaan gadget pada siswa di SDN Mulyajaya II adalah game online, instagram dan youtube. Hampir semua siswa memiliki game online, aplikasi game online yang banyak digunakan oleh siswa adalah mobile legends free fire, dan youtube menonton film dan short video yang berada di konten. 2) Dampak penggunaan gadget terhadap perilaku sosial siswa SDN Mulyajaya II yaitu adanya perubahan pada perilaku sosial yang ditandai dengan adanya kurangnya sikap kerja sama antar siswa, kurangnya rasa empati siswa, kurangnya sikap ramah siswa dan adanya sikap mementingkan diri sendiri pada siswa. Hal ini diakibatkan dari penggunaan gadget yang berlebihan oleh siswa yang membuat mereka lupa akan dunia luar. Orang tua harus lebih berhati – hati dalam mengawasi dan memonitoring kegiatan anak dalam menggunakan gadget sehari-hari untuk meminimalisir sisi negatif yang ditimbulkan dari penggunaan gadget tersebut, dan seharusnya gadget digunakan dan dimanfaatkan untuk hal yang positif.
Kata Kunci : Dampak, Penggunaan Gadget, Perilaku Sosial
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:16 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:16 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4563 |
