Fauziah, Nita (2024) Pengaruh Model Discovery Learning Terhadap Hasil Belajar Matematika Di Sekolah Dasar (Studi Kuantitatif Eksperimen Pada Siswa Kelas IV SDN Belendung III Kecamatan Klari Kabupaten Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). Diploma thesis, UBP Karawang.
1. File Judul_240011_20416286206122_Nita Fauziah.pdf
Download (861kB)
2. File Abstrak_240011_20416286206122_Nita Fauziah.pdf
Download (220kB)
3. Daftar Isi_240011_20416286206122_Nita Fauziah.pdf
Download (409kB)
4. BAB_I_240011_20416286206122_Nita Fauziah.pdf
Download (337kB)
5. BAB_II_240011_20416286206122_Nita Fauziah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (354kB)
6. BAB_III_240011_20416286206122_Nita Fauziah.pdf
Download (601kB)
7. BAB_IV_240011_20416286206122_Nita Fauziah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (469kB)
8. BAB_V_240011_20416286206122_Nita Fauziah.pdf
Download (392kB)
9. Daftar Pustaka_240011_20416286206122_Nita Fauziah.pdf
Download (433kB)
10. Lampiran_240011_20416286206122_Nita Fauziah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
11. Artikel_240011_20416286206122_Nita Fauziah.pdf
Restricted to Registered users only
Download (261kB)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat pengaruh model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika di sekolah dasar siswa kelas IV di SDN Belendung III Dusun Pundong Desa Belendung Kecamatan Klari Kabupaten Karawang. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif metode eksperimen, desain penelitian ini yaitu pre- experimental design dengan jenis one group pretest-posttest design, hanya menggunakan satu kelompok saja sehingga tidak menggunakan kelas kontrol. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah purposive sampling. Peneliti mengambil sampel pada siswa kelas IVA dengan jumlah 21 orang siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan berupa tes dan dukomentasi. Instrumen yang digunakan diuji coba dan dianalisis melalui uji Validitas dan uji Reliabilitas. Teknik analisis data menggunakan Statistika deskriptif dan Statistika Inferesnsial dan Uji hipotesis menggunakan Paired Sample T-test dengan bantuan software SPSS 24.0. Hasil pada penelitian ini menunjukkan nilai uji t (paired t test) didapatkan nilai sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka H1 diterima dan H0 ditolak. Jadi, disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dari penerapan model Discovery Learning terhadap hasil belajar matematika siswa kelas IV di SD Negeri Belendung III.
Kata Kunci: Discovery Learning, Hasil Belajar, Matematika
| Item Type: | Thesis (Diploma) |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 22 Oct 2025 07:13 |
| Last Modified: | 22 Oct 2025 07:13 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4534 |
