Celebrity Worship K-Popers Karawang: Apakah Efek Dari Neuroticism?

Hanifah, Zahra Shafa (2024) Celebrity Worship K-Popers Karawang: Apakah Efek Dari Neuroticism? Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 5 (3). ISSN 2721-5385

[thumbnail of 01 Judul_240027_20416273201152_Zahra Shafa Hanifah.pdf] Text
01 Judul_240027_20416273201152_Zahra Shafa Hanifah.pdf

Download (493kB)
[thumbnail of 02 Daftar Isi_240027_20416273201152_Zahra Shafa Hanifah.pdf] Text
02 Daftar Isi_240027_20416273201152_Zahra Shafa Hanifah.pdf

Download (51kB)
[thumbnail of 03 Artikel_240027_20416273201152_Zahra Shafa Hanifah.pdf] Text
03 Artikel_240027_20416273201152_Zahra Shafa Hanifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (713kB)
[thumbnail of 04 Daftar Pustaka_240027_20416273201152_Zahra Shafa Hanifah.pdf] Text
04 Daftar Pustaka_240027_20416273201152_Zahra Shafa Hanifah.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of 05 Lampiran_240027_20416273201152_Zahra Shafa Hanifah.pdf] Text
05 Lampiran_240027_20416273201152_Zahra Shafa Hanifah.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)

Abstract

Celebrity worship sebagai perilaku yang dicirikan oleh obsesi terhadap selebritas yang diidolakan. Neuroticism, yang merupakan kecenderungan untuk mengalami emosi negatif seperti kecemasan, ketidakstabilan emosional, dan ketidakpuasan, adalah salah satu faktor psikologis yang berpotensi memengaruhi perilaku ini. Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh neuroticism terhadap celebrity worship. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode kausalitas asosiatif dengan teknik non-probability sampling, snowball sampling. Jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 235 responden. Alat ukur yang digunakan adalah Celebrity Attitude Scale (CAS) dan Big Five Iventory-2 (BFI-2). Uji regresi linear sederhana sebagai penganalisis data guna menilai pengaruh neuroticism terhadap celebrity worship. Analisis tersebut menghasilkan nilai signifikansi 0.001, yang tidak melampaui nilai ambang batas 0.05. Hal ini menjadi acuan bahwa hipotesis alternatif (Hₐ) diterima dan hipotesis nol (H₀) ditolak, menunjukkan bahwa neuroticism memberikan pengaruh yang signifikan terhadap perilaku celebrity worship. Berdasarkan uji koefisien determinasi, diketahui bahwa neuroticism memberikan kontribusi sebesar 4.5% pada perilaku celebrity worship, sementara 95.5% lainnya dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Neuroticism, Celebrity Worship, K-popers

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 09 Oct 2025 03:12
Last Modified: 09 Oct 2025 03:12
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4367

Actions (login required)

View Item
View Item