Perilaku Konsumtif Pada Penggemar Boy Group Exo di Karawang Ditinjau Daro Celebrity Worship

Nuryuliani, Yunengsih (2024) Perilaku Konsumtif Pada Penggemar Boy Group Exo di Karawang Ditinjau Daro Celebrity Worship. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 5 (3). ISSN 2721-5385

[thumbnail of Judul_240019_20416273201183_Yunengsih Nur Yuliani.pdf] Text
Judul_240019_20416273201183_Yunengsih Nur Yuliani.pdf

Download (540kB)
[thumbnail of Daftar Isi_240019_20416273201183_Yunengsih Nur Yuliani.pdf] Text
Daftar Isi_240019_20416273201183_Yunengsih Nur Yuliani.pdf

Download (220kB)
[thumbnail of Artikel Utama_240019_20416273201183_Yunengsih Nur Yuliani.pdf] Text
Artikel Utama_240019_20416273201183_Yunengsih Nur Yuliani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (817kB)
[thumbnail of Lampiran_240019_20416273201183_Yunengsih Nur Yuliani.pdf] Text
Lampiran_240019_20416273201183_Yunengsih Nur Yuliani.pdf
Restricted to Registered users only

Download (2MB)

Abstract

Tujuan dilakukannya penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh celebrity worship terhadap perilaku konsumtif di kalangan penggemar boy group EXO di Karawang. Populasi dalam penelitian ini merupakan penggemar boy group EXO yang berdomisili di Karawang dengan jumlah 161 partisipan. Penelitian menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain asosiatif kausal. Alat ukur yang digunakan dalam penelitian ini untuk mengukur celebrity worship menggunakan Celebrity Attitude Scale (CAS) yang diadaptasi dari Maltby dkk. (2004) dan untuk mengukur perilaku konsumtif menggunakan konstruksi tes yang dikonstruksi sendiri oleh peneliti menggunakan teori Lina dan Rosyid (dalam Lestarina dkk., 2017). Hasil penelitian ini menunjukkan uji regresi linear sederhana dengan hasil signifikansi 0,000 < 0,05 yang mana hipotesis alternatif penelitian ini diterima. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh positif celebrity worship terhadap perilaku konsumtif, yang berarti semakin tinggi tingkat celebrity worship, semakin tinggi juga perilaku konsumtif yang dialami pada penggemar boy group EXO di Karawang. Pada penelitian ini mendapatkan hasil koefisien determinasi yang disumbangkan oleh variabel celebrity worship terhadap perilaku konsumtif memiliki besar pengaruh 50,1%, dan sisanya dipengaruhi oleh variabel atau faktor-faktor lain yang tidak menjadi fokus dalam penelitian ini.

Kata Kunci: Celebrity Worship; Perilaku Konsumtif; Penggemar Boy Group EXO.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 09 Oct 2025 03:07
Last Modified: 09 Oct 2025 03:07
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4361

Actions (login required)

View Item
View Item