Telaah Konsep Diri dan Perilaku Konsumtif: Fenomena Remaja Dalam Berbelanja Online

Jasmine, Yufita (2024) Telaah Konsep Diri dan Perilaku Konsumtif: Fenomena Remaja Dalam Berbelanja Online. PSIKOSTUDIA: Jurnal Psikologi, 13 (4). ISSN 2657-0963

[thumbnail of FILE JUDUL_240013_20416273201160_Yufita Jasmine.pdf] Text
FILE JUDUL_240013_20416273201160_Yufita Jasmine.pdf

Download (822kB)
[thumbnail of DAFTAR ISI_240013_20416273201160_Yufita Jasmine.pdf] Text
DAFTAR ISI_240013_20416273201160_Yufita Jasmine.pdf

Download (504kB)
[thumbnail of ARTIKEL UTAMA_240013_20416273201160_Yufita Jasmine.pdf] Text
ARTIKEL UTAMA_240013_20416273201160_Yufita Jasmine.pdf
Restricted to Registered users only

Download (390kB)
[thumbnail of DAFTAR PUSTAKA_240013_20416273201160_Yufita Jasmine.pdf] Text
DAFTAR PUSTAKA_240013_20416273201160_Yufita Jasmine.pdf

Download (165kB)
[thumbnail of LAMPIRAN_240013_20416273201160_Yufita Jasmine.pdf] Text
LAMPIRAN_240013_20416273201160_Yufita Jasmine.pdf
Restricted to Registered users only

Download (7MB)

Abstract

Salah satu elemen mendasar yang mempengaruhi perilaku konsumtif adalah konsep diri. Belanja online paling sering dilakukan oleh remaja yang berada di rentang usia 18-21 tahun. Penelitian ini bertujuan untuk menguji pengaruh konsep diri terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja online pada remaja di Kabupaten Karawang. Partisipan dalam penelitian ini adalah remaja yang berusia antara 12 hingga 21 tahun yang berjumlah 204 dan menggunakan accidental sampling untuk penelitian ini. Skala Konsep Diri (PSC) terdapat delapan belas pertanyaan yang valid pada Skala Konsep Diri (reliabilitas α = 0,942) dan Skala Perilaku Konsumtif dua puluh tiga pertanyaan yang valid pada Skala Perilaku Konsumtif (reliabilitas α = 0,948). Secara khusus, konsep diri memiliki dampak pada perilaku konsumtif (sig 0.000<0.05). Koefisien regresi variabel konsep diri adalah -0.155 yang berarti ada pengaruh negatif antara konsep diri terhadap perilaku konsumtif dalam berbelanja online pada remaja di Kabupaten Karawang. Remaja yang memiliki konsep diri yang tinggi dan positif cenderung lebih bijaksana dalam berbelanja, sementara mereka yang memiliki konsep diri yang rendah lebih rentan terhadap pengaruh eksternal dan lebih cenderung terlibat dalam perilaku konsumtif yang berlebihan.

Kata Kunci : Perilaku Konsumtif, Remaja, Konsep Diri, Berbelanja Online.

Item Type: Article
Subjects: B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology
Divisions: Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 09 Oct 2025 03:06
Last Modified: 09 Oct 2025 03:06
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4357

Actions (login required)

View Item
View Item