Sutrisnawati, Wulan Meida (2024) Self-Disclosure Generasi Z Pengguna Second Account Ditinjau Dari Self-Esteem. Jurnal Penelitian Pendidikan, Psikologi Dan Kesehatan, 5 (2). ISSN 2721-5385
01 Judul_240005_20416273201147_Wulan Meida Sutrisnawati.pdf
Download (420kB)
02 Daftar Isi_240005_20416273201147_Wulan Meida Sutrisnawati.pdf
Download (45kB)
03 Artikel_240005_20416273201147_Wulan Meida Sutrisnawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (1MB)
04 Daftar Pustaka_240005_20416273201147_Wulan Meida Sutrisnawati.pdf
Download (726kB)
05 Lampiran_240005_20416273201147_Wulan Meida Sutrisnawati.pdf
Restricted to Registered users only
Download (3MB)
Abstract
Beragam perilaku self-disclosure generasi Z melalui second account instagram yaitu dengan membagikan kegiatan sehari-hari berupa foto atau video dan curahan hatinya melalui story dengan postingan yang lebih dari satu kali. Penelitian ini memfokuskan pada pengaruh antara self-esteem terhadap self-disclosure pada generasi Z pengguna second account instagram di Karawang. Metode penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan desain kausalits asosiatif. Populasi dalam penelitian ini adalah generasi Z pengguna second account instagram dengan rentang usia 15-29 tahun yang berdomisi di Karawang. Teknik pengambilan sampel dalam penelitian ini adalah non-probability sampling, dengan metode samplingnya snowball sampling. Jumlah sampel penelitian ini sebanyak 151 responden. Skala yang digunakan untuk mengukur self-esteem adalah Rosenberg Self-Esteem Scale (RSES). Sedangkan skala yang digunakan untuk mengukur self- disclosure adalah Rosenberg Self-Disclosure Scale (RSDS). Uji analisis aitem dengan menggunakan correct aitem-total correlation. Uji normalitas menggunakan uji kolmogorov-smirnov. Uji linearitas menggunakan uji anova dengan signifikansi 0,200 > 0,05. Hasil uji regresi linear sederhana pada penelitian ini 0,001 < 0,05 yang berarti hipotesis pada penelitian ini diterima yaitu ada pengaruh self-esteem terhadap self-disclosure pada generasi Z pengguna second account instagram di Karawang. Hasil uji koefisien determinasi dengan R square 0,118, maka besaran pengaruh variabel self-esteem terhadap self-disclosure adalah 11,8%.
Kata Kunci: Generasi Z; Instagram; Self-Disclosure; Self-Esteem.
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | B Philosophy. Psychology. Religion > BF Psychology |
| Divisions: | Faculty of Medicine, Health and Life Sciences > School of Psychology |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 09 Oct 2025 03:05 |
| Last Modified: | 09 Oct 2025 03:05 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4353 |
