Peran Guru Pendidikan Pancasila Dalam Menigkatkan Minat Belajer Siswa Di SMPN 2 Majalaya

Ardila, Siti Maemunah Putri (2025) Peran Guru Pendidikan Pancasila Dalam Menigkatkan Minat Belajer Siswa Di SMPN 2 Majalaya. Journal Civic and Social Studies, 9 (1). ISSN 6655-8953

[thumbnail of CD_Cover_240005_20416287205043_Siti Maemunah Putri Ardila.pdf] Text
CD_Cover_240005_20416287205043_Siti Maemunah Putri Ardila.pdf

Download (562kB)
[thumbnail of CD_Daftar isi_240005_20416287205043_Siti Maemunah Putri Ardila.pdf] Text
CD_Daftar isi_240005_20416287205043_Siti Maemunah Putri Ardila.pdf

Download (549kB)
[thumbnail of CD_Jurnal Utama_240005_20416287205043_Siti Maemunah Putri Ardila.pdf] Text
CD_Jurnal Utama_240005_20416287205043_Siti Maemunah Putri Ardila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (558kB)
[thumbnail of CD_Daftar Pustaka_240005_20416287205043_Siti Maemunah Putri Ardila.pdf] Text
CD_Daftar Pustaka_240005_20416287205043_Siti Maemunah Putri Ardila.pdf

Download (328kB)
[thumbnail of CD_Lampiran_240005_20416287205043_Siti Maemunah Putri Ardila.pdf] Text
CD_Lampiran_240005_20416287205043_Siti Maemunah Putri Ardila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Peran guru salah satunya ialah membangkitkan minat belajar. Hasil observasi yang dilakukan di SMPN 2 Majalaya memaparkan bahwa dalam menerapkan pembelajaran pada materi Pendidikan Pancasila siswa memiliki minat yang kurang serta rendahnya keaktifan siswa dalam berpartisipasi dalam mengikuti pelajaran. Tujuan dari penelitian ini ialah memberikan hasil analisis terkait dengan peningkatan minat belajar siswa di SMPN 2 Majalaya melalui peran guru pendidikan pancasila. Jenis penelitan yang digunakan ialah menggunakan penelitian kualitatif. penelitian ini dilakukan dengan teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dilakukan sebuah analisis data dengan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian memaparkan beberpa peran guru dari pendidikan pancasila diantaranya berperan sebagai evaluator, fasilitator, mediator, pengelola kelas, serta demonstrator. Berdasarkan hasil penelitian memaparkan beberpa peran guru dari pendidikan pancasila diantaranya berperan sebagai evaluator, fasilitator, mediator, pengelola kelas, serta demonstrator . Kesimpulan yang diambil berdasarkan paparan diatas ialah dalam menumbuhkan minat dalam pembelajaran peserta didik di SMPN 2 Majalaya dipengaruhi oleh peranan dari seorang pendidik.
Kata Kunci: guru, minat belajar, pendidikan pancasila, siswa

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:11
Last Modified: 08 Oct 2025 06:11
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4346

Actions (login required)

View Item
View Item