Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Civic Disposition Bagi Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Rawamerta

Setiawan, Ahmad (2024) Peran Guru Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sebagai Motivator Dalam Meningkatkan Civic Disposition Bagi Peserta Didik Kelas XI di SMA Negeri 1 Rawamerta. Jurnal Kewarganegaraan, 8 (1). ISSN 2723-2328

[thumbnail of 1. FILE JUDUL_240004_20416287205062_Ahmad Setiawan.pdf] Text
1. FILE JUDUL_240004_20416287205062_Ahmad Setiawan.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of 2. DAFTAR ISI_240004_20416287205062_Ahmad Setiawan.pdf] Text
2. DAFTAR ISI_240004_20416287205062_Ahmad Setiawan.pdf

Download (674kB)
[thumbnail of 3. ARTIKEL UTAMA_240004_20416287205062_Ahmad Setiawan.pdf] Text
3. ARTIKEL UTAMA_240004_20416287205062_Ahmad Setiawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA_240004_20416287205062_Ahmad Setiawan.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA_240004_20416287205062_Ahmad Setiawan.pdf

Download (756kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN_240004_20416287205062_Ahmad Setiawan.pdf] Text
5. LAMPIRAN_240004_20416287205062_Ahmad Setiawan.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

Penulis melakukan penelitian dengan mengkaji peran guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan sebagai motivator dalam meningkatkan civic disposition bagi peserta didik kelas XI di SMA Negeri 1 Rawamerta. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kualitatif deskriptif serta menggunakan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek dalam penelitian ini yaitu guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dan peserta didik kelas XI. Hasil temuan di dalam penelitian ini bahwa guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan mempunyai peran sangat penting dalam proses pendidikan dan pembelajaran dengan memberikan arahan serta dorongan kepada siswa untuk memiliki karakter kewarganegaraan yang baik dan tidak hanya terfokus pada pengetahuan saja melainkan pada praktik yang nyata dengan memberikan teladan yang baik sehingga civic disposition pada peserta didik akan tercapai. Program yang dihasilkan melalui program pembiasaan ramah Tamah diantara guru dan peserta didik, pembuatan project kewarganegaraan, dan pembiasaan upacara bendera. Dengan program kegiatan tersebut diharapkan peserta didik mampu untuk mempunyai karakter kewarganegaraan yang baik.
Kata kunci: Peran Guru PPKn, Civic Disposition, Peserta Didik

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:11
Last Modified: 08 Oct 2025 06:11
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4345

Actions (login required)

View Item
View Item