Santi, Santi (2024) Peran Guru Pendidikan Pancasila Dalam Mengatasi Terjadinya Bullying Pada Siswa Kelas VIII di SMPN 2 Karawang Barat. Journal Civic and Social Studies, 8 (2). ISSN 6655-8953
File Judul_240003_20416287205068_Santi.pdf
Download (652kB)
Daftar Isi_240003_20416287205068_Santi.pdf
Download (236kB)
Artikel Utama_240003_20416287205068_Santi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (524kB)
Daftar Pustaka_240003_20416287205068_Santi.pdf
Download (370kB)
Lampiran_240003_20416287205068_Santi.pdf
Restricted to Registered users only
Download (742kB)
Abstract
Penelitian ini berjenis penelitian kualitatif deskriptif. Penelitian ini dilangsungkan di SMPN 2 Karawang Barat, Subjek pada penelitian ini yakni guru Pendidikan Pancasila, dan siswa kelas VIII. Teknik pengumpulan data dengan melibatkan penggunaan teknik observasi, wawancara serta dokumentasi. Teknik analisis datanya mencakup reduksi data, penyajian data serta penarikan simpulan. Sesuai hasil dari penelitian ini bahwa bullying bagi siswa yang terjadi di kelas adalah siswa yang mengejek dan mengolok-olok temannya dengan memanggil temannya dengan nama orang tua. Peran guru Pendidikan Pancasila dalam mengatasi bullying yaitu dengan cara menegur siswa dan menasehati siswa agar siswa tidak menjalankan bullying kembali. Peran guru Pendidikan Pancasila dalam mengatasi bullying dapat melakukan bimbingan secara klasikal maupun individu. Guru Pendidikan Pancasila dapat berkoordinasi dengan orang tua siswa untuk memberi nasihat pada siswa yang melaksanakan bullying.
Kata Kunci: Peran Guru, Mengatasi Bullying, Pendidikan Pancasila
| Item Type: | Article |
|---|---|
| Subjects: | L Education > L Education (General) |
| Divisions: | Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education |
| Depositing User: | Pustakawan UBP Karawang |
| Date Deposited: | 08 Oct 2025 06:10 |
| Last Modified: | 08 Oct 2025 06:10 |
| URI: | http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4344 |
