Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Multikultural Dalam Meningkatkan Toleransi Siswa (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Klari Kabupaten Karawang)

Haryono, Ogi (2024) Peran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan Sebagai Pendidikan Multikultural Dalam Meningkatkan Toleransi Siswa (Studi Deskriptif Pada Siswa Kelas X di SMA Negeri 2 Klari Kabupaten Karawang). Journal of Education Research, 5 (2). ISSN 2746-0738

[thumbnail of 1. File Judul_240001_20416287205061_Ogi Haryono.pdf] Text
1. File Judul_240001_20416287205061_Ogi Haryono.pdf

Download (578kB)
[thumbnail of 2. Daftar isi_240001_20416287205061_Ogi Haryono.pdf] Text
2. Daftar isi_240001_20416287205061_Ogi Haryono.pdf

Download (580kB)
[thumbnail of 3. Artikel Ilmiah_240001_20416287205061_Ogi Haryono.pdf] Text
3. Artikel Ilmiah_240001_20416287205061_Ogi Haryono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (319kB)
[thumbnail of 4. DAFTAR PUSTAKA_240001_20416287205061_Ogi Haryono.pdf] Text
4. DAFTAR PUSTAKA_240001_20416287205061_Ogi Haryono.pdf

Download (291kB)
[thumbnail of 5. LAMPIRAN_240001_20416287205061_Ogi Haryono.pdf] Text
5. LAMPIRAN_240001_20416287205061_Ogi Haryono.pdf
Restricted to Registered users only

Download (980kB)

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk lebih memahami peran pendidikan pancasila dan kewarganegaraan dalam mengembangkan toleransi siswa di sekolah menengah atas. Penelitian ini berfokus pada siswa kelas X SMA Negeri 2 Klari. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif yang dikombinasikan dengan metode deskriptif. Guru pendidikan pancasila dan kewarganegaraan (PPKn) dan siswa kelas X berpartisipasi dalam penelitian ini. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dalam tiga tahap: reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa PPKn memiliki peran besar dalam meningkatkan pemahaman dan sikap siswa tentang toleransi. Siswa mengembangkan kesadaran yang mendalam tentang pentingnya toleransi ketika menghadapi keragaman masyarakat dengan mempelajari cita-cita Pancasila seperti Bhinneka Tunggal Ika, Ketuhanan Yang Maha Esa, dan Persatuan Indonesia. Pendidikan multikultural melalui mata pelajaran PPKn merupakan teknik yang berhasil untuk menumbuhkan generasi yang toleran dan menghargai perbedaan masyarakat.
Kata Kunci: PPKn, Pendidikan Multikultur, Toleransi.

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:09
Last Modified: 08 Oct 2025 06:09
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4342

Actions (login required)

View Item
View Item