Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V di SDN Palumbonsari IV)

Oktapianti, Desti (2024) Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V di SDN Palumbonsari IV). Pendas : Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9: 4. ISSN 2548-6950

[thumbnail of 01 Judul_240012_20416286206093_Desti Oktapianti.pdf] Text
01 Judul_240012_20416286206093_Desti Oktapianti.pdf

Download (290kB)
[thumbnail of 02 Daftar Isi_240012_20416286206093_Desti Oktapianti.pdf] Text
02 Daftar Isi_240012_20416286206093_Desti Oktapianti.pdf

Download (484kB)
[thumbnail of 03 Artikel_240012_20416286206093_Desti Oktapianti.pdf] Text
03 Artikel_240012_20416286206093_Desti Oktapianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (763kB)
[thumbnail of 04 Daftar Pustaka_240012_20416286206093_Desti Oktapianti.pdf] Text
04 Daftar Pustaka_240012_20416286206093_Desti Oktapianti.pdf

Download (322kB)
[thumbnail of 05 Lampiran_240012_20416286206093_Desti Oktapianti.pdf] Text
05 Lampiran_240012_20416286206093_Desti Oktapianti.pdf
Restricted to Registered users only

Download (1MB)

Abstract

“IPAS memainkan peran krusial dalam membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap fenomena di sekitar mereka. Namun, metode pembelajaran yang monoton dapat mengurangi partisipasi siswa, yang berdampak pada rendahnya hasil belajar IPAS. Penelitian ini bertujuan untuk mengevaluasi pengaruh penggunaan media gambar terhadap hasil belajar IPAS, khususnya materi Sistem pernapasan manusia, di kelas V SDN Palumbonsari IV. Penelitian ini menerapkan pendekatan kuantitatif deskriptif dengan desain eksperimen Pretest Post-test Nonquivalent Control Group. Sampel terdiri dari siswa kelas V SDN Palumbonsari IV yang dipilih secara acak, dengan kelas VA sebagai kelompok kontrol pembelajaran konvensional dan kelas VB sebagai kelompok eksperimen media gambar. Instrumen penelitian berupa tes pilihan ganda yang telah divalidasi dan diuji coba pada peserta di luar sampel. Data dianalisis menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji hipotesis dengan Paired Samples Test. Hasil analisis menunjukkan perbedaan signifikan antara rata-rata hasil belajar siswa sebelum dan setelah perlakuan. Siswa yang mendapatkan pembelajaran dengan media gambar menunjukkan peningkatan hasil belajar IPAS yang lebih signifikan dibandingkan dengan siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Kesimpulannya, penggunaan media gambar dalam pembelajaran IPAS efektif meningkatkan hasil belajar siswa, membuat proses belajar lebih bermakna, menyenangkan, dan mendorong keaktifan siswa”.

Kata Kunci: media pembelajaran; media gambar; hasil belajar

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:06
Last Modified: 08 Oct 2025 06:06
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4339

Actions (login required)

View Item
View Item