Penggunaan Media Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDIT At-TAubah Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024)

Salsabila, Wulandari (2024) Penggunaan Media Geogebra Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematis Siswa di Sekolah Dasar (Studi Eksperimen Pada Siswa Kelas V SDIT At-TAubah Karawang Tahun Pelajaran 2023/2024). PENDAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 9 (3). ISSN 2477-2143

[thumbnail of 01 Judul_240009_20416286206056_Wulandari Salsabila.pdf] Text
01 Judul_240009_20416286206056_Wulandari Salsabila.pdf

Download (422kB)
[thumbnail of 02 Daftar Isi_240009_20416286206056_Wulandari Salsabila.pdf] Text
02 Daftar Isi_240009_20416286206056_Wulandari Salsabila.pdf

Download (39kB)
[thumbnail of 03 Artikel_240009_20416286206056_Wulandari Salsabila.pdf] Text
03 Artikel_240009_20416286206056_Wulandari Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (3MB)
[thumbnail of 04 Daftar Pustaka_240009_20416286206056_Wulandari Salsabila.pdf] Text
04 Daftar Pustaka_240009_20416286206056_Wulandari Salsabila.pdf

Download (486kB)
[thumbnail of 05 Lampin_240009_20416286206056_Wulandari Salsabila.pdf] Text
05 Lampin_240009_20416286206056_Wulandari Salsabila.pdf
Restricted to Registered users only

Download (975kB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh media geogebra terhadap kemampuan berpikir kreatif matematis siswa kelas V pada materi bangun datar segitiga dan segiempat di SDIT At-Taubah Karawang. Pendekatan dalan penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen. Desain dalam penelitian ini adalan One Grop Pretest-Posttest Design. Teknik sampling yang digunakan yaitu Cluster Random Sampling. Sampel yang digunakan yaitu 18 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah tes dalam bentuk soal essay. Analisis data yang digunakan adalah teknik analisis deskriptif dan teknik analisis inferensial. Hasil deskriptif diperoleh dari hasil test pretest dengan nilai rata-rata 48.94 dan posttest dengan nilai rata-rata 84.67. Hasil analisis dengan menggunakan uji paired sample t-test menunjukkan Sig (2-tailed) < 0.05 (0.000 < 0.05) sehingga H0 ditolak Ha diterima. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran geogebra berpengaruh terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada materi bangun datar segitiga dan segiempat di SDIT At-taubah Karawang.

Kata kunci: berpikir kreatif, geogebra, matematika

Item Type: Article
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Faculty of Law, Arts and Social Sciences > School of Education
Depositing User: Pustakawan UBP Karawang
Date Deposited: 08 Oct 2025 06:07
Last Modified: 08 Oct 2025 06:07
URI: http://repository.ubpkarawang.ac.id/id/eprint/4336

Actions (login required)

View Item
View Item